Simulasi Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Taman Baca Oesapa Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang

Authors

  • Rince Sefriana Margarita Benu Universitas San Pedro
  • Osniman Paulina Maure Universitas San Pedro
  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.224

Keywords:

Simulasi, Media Pembelajaran, Matematika, Kemampuan Numerasi

Abstract

Taman Baca Oesapa memiliki peranan strategis sebagai pusat kegiatan pendidikan informal di tengah masyarakat Kelurahan Kelapa Lima. Namun demikian terdapat keterbatasan media pembelajaran matematika di Taman Baca Oesapa ini. Selain itu, kemampuan numerasi siswa Taman Baca Oesapa masih tergolong rendah. Kemampuan numerasi merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena berdampak pada peningkatan kemampuan akademis sekaligus kemampuan adaptasi siswa di era informasi. Oleh sebab itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan akademis, terkhususnya dalam peningkatan kemampuan numerasi (bilangan bulat) siswa melalui implementasi media Pembelajaran Matematika. Keberhasilan kegiatan PKM ini dapat menjadi modal untuk pengembangan program pembelajaran yang lebih luas dan berkelanjutan di berbagai tingkatan pendidikan. Dengan adanya pemahaman mendalam terhadap latar belakang pembelajaran matematika di Taman Baca Oesapa, kegiatan PKM ini dapat dirancang dan diimplementasikan secara kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di wilayah tersebut. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam PKM ini dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami materi bilangan bulat. Hal ini terlihat dari hasil pretest dan posttest yaitu 51.764 dan 76.823 yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terkait operasi bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzi, F. A., Mahanani, E., Lusiani, S., Ernawati, H., Setyorini, A. I., & Jana, P. (2023). Gamrasi Sebagai Attractive Learning Dalam Upaya Menunjang Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. 5(3), 210–219.

Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. 7(3), 566–578.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Pada Siswa Kelas II SD. 03(04), 594–602.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2022). Design of Interactive Learning Media With The Think Talk Write Strategy on The Material of Writing Expository Texts For Grade 10 Vocational High School Students. 04(04), 1950–1960.

Jenahut, K. S., Maure, O. P., Ajito, T., Sene, C. V. C., Sari, P., Mola, M., Benu, R. S. M., & Lodo, R. Y. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SD Nusa Cendana International Plus School Kupang. ABDIMAS BINA BANGSA, 3(1), 224–229.

Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43.

Lubis, N., Setiawati, R., Ilyas Lubis, M., & Rahmi Riqzi, N. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Game Untuk Peningkatan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Jurnal MATEMATICS PAEDAGOGIC, 8(1), 69–77.

Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2022). Etnomatematika Sistem Bilangan Masyarakat Manggarai Timur Dan Masyarakat Timor Tengah Selatan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3514. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6380

Saifudin, M. N., Cahyaningrum, Z. F., Habiba, D. H. I., Ulayya, S. D., & Susilo, B. E. (2020). Studi Literatur: Tantangan dan Peluang: Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448–457.

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.

Published

02-06-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Benu, R. S. M., Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2024). Simulasi Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Taman Baca Oesapa Kelurahan Kelapa Lima Kota Kupang. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.224

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)