Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTS Basuki Rahmat Kota Dobo Kabupaten Kepulauan Aru

Authors

  • Sugian Nurwijaya Universitas Pattimura
  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura
  • Pratiwi Bernadetta Purba Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.227

Keywords:

Kemampuan literasi numerasi

Abstract

Kurikulum terbaru saat ini adalah kurikulum merdeka dan hampir semua jenjang sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka meskipun bukan sekolah penggerak. Di samping itu, mulai tahun 2021, Ujian Nasional direvisi menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), di mana dalam Asesmen Kompetensi Minimum salah satunya terdiri dari kemampuan literasi numerasi. Pengabdian ini didasari karena kurang efektifnya pembelajaran dan tingkat kemampuan literasi numerasi siswa di MTS Basuki Rahmat Kepulauan Aru yang termasuk daerah kepulauan dan perbatasan. Menghadapi hal tersebut, guru harus bisa melakukan pembelajaran yang berbasis kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu pada pengabdian ini memberikan pembelajaran kepada siswa MTS Basuki Rahmat kepulauan Aru dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa. Ketika guru sudah menguasai literasi numerasi tentunya dalam proses pembelajaran dapat menyampaikan materi pembelajaran terkait literasi numerasi dengan baik. Pada pengabdian kepada masyarakat ini, tim pengabdian berkolaborasi dengan MTS Basuki Rahmat yang ada di Kepulauan Aru. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu tim pengabdi memberikan materi tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi. Siswa diberikan pengetahuan tentang literasi numerasi yang bermanfaat untuk menambah kemampuan atau kompetensi literasi numerasi siswa sehingga nantinya akan berdampak kepada peningkatan literasi numerasi siswa. Dari kegiatan yang dilaksanakan terjadi pengembangan kemampuan literasi numerasi siswa. Di samping itu, siswa merasa tertarik dan senang dengan pembelajaran yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Faradiba, S. S., Rahmawati, B., Nabilla, I. A., Ananda, R., Pradana, A., Robba, R. B., Febriantika, S. D., & Wulandari, T. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS LITERASI. 5(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5614

Fitri, Y., & Juliani, S. (2024). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN GAME SEDERHANA. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(1), 118–127. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i1.1076

Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Muhamad, T., & Anugrah, F. (2021). IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara).

Nurcahyono, N. A., Kunci, K., Literasi, K., Numerasi, K., & Pembelajaran, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 2988–7763. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Pramudita Irianti, N., Alam Wicaksono, A., Yusuf Kholil, A., & Metha Rozhana, K. (2023). Penguatan Literasi Numerasi untuk Siswa Sekolah Dasar di SDN Merjosari 4 Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 3(3), 92–98.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Published

02-06-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Nurwijaya, S., Sakir, A. R., & Purba, P. B. (2024). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa MTS Basuki Rahmat Kota Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.227

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.