Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah SMA PGRI 2 Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i2.145Keywords:
Efikasi Diri, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran EkonomiAbstract
Prestasi belajar yang dicapai siswa memiliki nilai yang penting, karena mencerminkan pencapaian siswa selama berada dalam lingkungan belajar di sekolah. Baik atau tidaknya prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya faktor internal seperti efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti seluruh populasi sebanyak 40 siswa dijadikan sampel. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Bekasi. Data diperoleh melalui kuesioner dengan pertanyaan tentang pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode korelasi dan regresi sederhana, serta melibatkan uji parsial (uji t) untuk interpretasi lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai F Hitung sebesar 4,851 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,034, yang lebih rendah dari nilai batas signifikansi 0,05. Selain itu, nilai thitung > ttabel yaitu 2,202 > 2,024, dengan tingkat signifikansi α = 5% atau 0,05. Oleh karena itu, H0 artinya ditolak dan Ha artinya diterima. Hasil juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R Square) memiliki nilai sebesar 0,113, yang mengindikasikan bahwa sekitar 11,3% variasi dalam prestasi belajar siswa kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA PGRI 2 Kota Bekasi dapat dijelaskan oleh efikasi diri. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan prestasi belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
K. E., Belajar, M., Prestasi, T., Mata, B., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Lampung, U., & Lampung, B. (2023). Nurani Sholeha Br Ginting Nurani Sholeha Br Ginting. 2022.
Ermannudin, E. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 7 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 201. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.216
Hidayat, E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), 81–88
Kibtiyah, A. (2021). Efikasi Diri Akademik. Banyumas: CV. Amerta Media.
Kiki Hindayani, F. K. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas 11 SMAN 5 Pontianak.
Kumala Dwi Anggraini, P. D. (2019). Hubungan Efikasi Diri, Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas 11 IPS SMAN 1 Kedamean. JUPE.
Kumalasari, R., & Kasidi, K. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(2), 69. https://doi.org/10.31331/jeee.v2i2.1923
Oktariani. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Kognisi Jurnal.
Rosyid, Moh. Zaiful. (2019). Prestasi Belajar. Perum Paradiso Kav A1 Junrejo - Batu: Literasi Nusantara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABET, CV
Yullitae. (2016). Skripsi. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kreativitas Siswa di SMA Kristen 1 Salatiga. Salatiga: Magister Sains Psikologi Program Pascasarjana UKSW.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novalia Miftah, Karyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.