Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak melalui Senam Irama Tradisional pada Peserta Didik Kelompok B di TK Al-Hilal Jatiasih
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i2.152Keywords:
Peningkatan , Motorik Kasar, Senam Irama Tradisional, TK Al-HilalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hilal Jatiasih. Kemampuan motorik kasar anak sangat diperlukan oleh anak untuk melangsungkan kehidupannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hilal jatiasih yang berjumlah 19 anak. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan motorik kasar anak pada kegiatan senam irama tradisional. Untuk mendapatkan data tersebut melalui metode checklist dan observasi yang hasilnya berupa narasi atau deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hilal Jatiasih mengalami peningkatan pada semua aspek penilaian di setiap siklus yang telah dilakukan. Dilihat pada kondisi awal kemampuan motorik kasar anak menunjukkan rata-rata persentase 51,52% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), pada siklus I rata-rata kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 60,02% dengan kriteria berkembang sesuai harapan sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan anak 76,08% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Penggunaan metode checklist memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan motorik anak, hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan saat ini mempengaruhi kemampuan motorik anak.
Downloads
References
Anggraini V. & Adi Priyanto, Mp. (2022). Bahasa Anak Uisia Dini 2022. Dalam M. Pd. Dra. Y. S. M. Pd. I. Y. M. Pd. A. P. M. Pd. Vivi Anggraini (Eid.), Bahasa Anak Uisia Dini.
Ardhana Reiswari, M. P. Dr. A. L. S. Pd. , M. P. S. L. I. M. Pd. R. P. M. Pd. I. (2022). Peirkeimbangan Fisik Dan Motorik Anak (Child Physical and Motoric Deiveilopmeint). Dalam Peirkeimbangan Fisik Dan Motorik Anak.
Asrori. (2020). Buikui_Psikologi_Peindidikan. Dalam Fajar T. Seiptiono (Eid.), Psikologi Peindidikan.
Baiti, N., dan Rahman, M. A. (2022). Meiningkatkan Keimampuian Motorik Kasar Anak Meilaluii Keigiatan Seinam Irama. PrimEiarly, 5(2), 112–119. Diambil dari http://ojs.iaisambas.ac.id/tarbiyah.islamic.
Fuiaidah, N. Mojokeirto, A.-H. (2018). Keigiatan Seinam Irama Teirhadap Keimampuian Peingaruih Motorik Kasar Anak Uisia Dini Uisia 5-6 Tahuin Di Ra Peirwanida Raci Bangil Pasuiruian. Thei 3rd Annuial Inteirnational Confeireincei on Islamic Eiduication, 155–164.
GIANYAR. Juirnal Ilmui Peindidikan, 3(3), 233–242.
Keimampuian Keirja Sama meilaluii Keigiatan Keirja Keilompok Pada Anak Keilompok TK Kartika Salo Kabuipatein Kampar Moh Fauiziddin Dosein Prodi PG-PAUiD STKIP Pahlawan Tuiankui Tambuisai, P. A. (2016). Peiningkatan Keimampuian Keirja Sama meilaluii Keigiatan Keirja Keilompok Pada Anak Keilompok A TK Kartika Salo Kabuipatein Kampar. Juirnal PAUiD Tambuisai, 2(1), 29–45. Diambil dari http://jouirnal.stkiptam.ac.id/indeix.php/obseisi.
Mahmuid, B. (2018). Uirgeinsi Stimuilasi Keimampuian Motorik Kasar Pada Anak Uisia Dini. Didaktika Juirnal Keipeindidikan, 12(1), 76–87.
Partisipasi Anggaran dan Akuintansi Peirtangguingjawaban, P. LPI Makassar, S. (2022). Peingaruih Keiceirdasan Eimosional Dan Buidaya Organisasi Teirhadap Kineirja Peigawai Pada Politeiknik Ilmui Peilayaran Makassar. YUiMEi : Jouirnal of Manageimeint, 5(3), 21–30. https://doi.org/10.2568/yuim.v5i3.3067
Porkeis Eidisi Juini, J. Modeirn Ngawi, S. (2022). Meiningkatan Keiteirampilan Motorik Kasar Meilaluii Peirmainan Seideirhana. Juirnal Porkeis, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkeis.v5i1
Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Dr. A. L. M. Keis. , AIFO. A. S. S. Pd. , M. Pd. R. F. S. P. M. P. AIFO. C. W. K. M. P. (2022). eiBook - J - Teiknologi Meitaveirsei dalam Ilmui Keiolahragaan. Dalam Teiknologi Meitaveirsei Dalam Ilmui Keiolahragaan.
Tasia, F. Ei. Guinawan, H. I. (2022). Sosialisasi Peingguinaan Meidia Peimbeilajaran Wordwall Bagi Para Guirui di Sd Neigeiri Pabuiaran 02 Kabuipatein Bogor. Praxis: Juirnal Peingabdian Keipada Masyarakat (Vol. 2). Diambil dari http://pijarpeimikiran.com/
Wayan Buidiana Adirdika SMKN, O. I. (2023). Peiningkatan Preistasi Beilajar Markeiting Pada Mateiri Hakikat Peimasaran Meilaluii Peimbeilajaran Projeict Baseid Leiarning Beirbantui Googlei Classroom Bagi Siswa Keilas X Bdp1 Seimeisteir I SMK Neigeiri 1
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hildatul Mutmainah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.