Membentuk Karakter Siswa dengan Kegiatan Ekstrakulikuler Polisi Cilik di MIN X Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i2.167Keywords:
Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler, Polisi Cilik , SiswaAbstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya karakter siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler polisi cilik. Siswa diajarkan bagaimana membentuk karakter dengan cara kesadaran, disiplin, dan bertanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah anggota "polisi cilik" sebanyak 45 orang. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi mengamati kegiatan ekstrakurikuler "polisi cilik," dan dokumentasi. Lokasi penelitian MIN X Tanah Datar. Peneliti memperoleh data informasi dengan cara analisis dan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Demi menghasilkan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler "polisi cilik" adalah karakter religious, karakter jujur, karakter disiplin, karakter kerja keras, karakter punya tanggung jawab, karakter menghargai prestasi yang didapat, karakter punya rasa ingin tahu yang tinggi, karakter peduli sosial, dan karakter mandiri.
Downloads
References
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Armin, D. D., & Juharyanto. (2015). Karakter Peserta Didik melalui Ekstrakulikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang. Pendidikan, 4, 11.
Handayani, N., & Indartono, S. (2016). The Implementation Of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 508–518.
Insani, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Pratice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p33-42
Marwan, S. (2019). Manajemen Penanaman Nilai Karater Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Bahasa Arab Di IAIN Batusangkar. 15(1), 111–115.
Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Menejer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Rahman, H., & P. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Vol. 1).
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sari, Y. N. (2015). Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287
Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.
Tabanan. 2015. Polisi Cilik Membangun Karakter Sejak Dini. (Online). (Polrestabanan.net/2015/11/10/polisi-cilik-membangun-karakter-sejak- dini/), diakses 1 Maret 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Radika, Yufi Latmini Lasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.