Membentuk Karakter Siswa dengan Kegiatan Ekstrakulikuler Polisi Cilik di MIN X Tanah Datar

Authors

  • Radika Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yufi Latmini Lasari Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i2.167

Keywords:

Pembentukan Karakter, Ekstrakurikuler, Polisi Cilik , Siswa

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya karakter siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler polisi cilik. Siswa diajarkan bagaimana membentuk karakter dengan cara kesadaran, disiplin, dan bertanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah anggota "polisi cilik" sebanyak 45 orang. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi mengamati kegiatan ekstrakurikuler "polisi cilik," dan dokumentasi. Lokasi penelitian MIN X Tanah Datar. Peneliti memperoleh data informasi dengan cara analisis dan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Demi menghasilkan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler "polisi cilik" adalah karakter religious, karakter jujur, karakter disiplin, karakter kerja keras, karakter punya tanggung jawab, karakter menghargai prestasi yang didapat, karakter punya rasa ingin tahu yang tinggi, karakter peduli sosial, dan karakter mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Armin, D. D., & Juharyanto. (2015). Karakter Peserta Didik melalui Ekstrakulikuler Polisi Cilik di SDN Landungsari 1 Malang. Pendidikan, 4, 11.

Handayani, N., & Indartono, S. (2016). The Implementation Of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 508–518.

Insani, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Pratice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p33-42

Marwan, S. (2019). Manajemen Penanaman Nilai Karater Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Bahasa Arab Di IAIN Batusangkar. 15(1), 111–115.

Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106373

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Menejer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Rahman, H., & P. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Vol. 1).

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619

Sari, Y. N. (2015). Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.

Tabanan. 2015. Polisi Cilik Membangun Karakter Sejak Dini. (Online). (Polrestabanan.net/2015/11/10/polisi-cilik-membangun-karakter-sejak- dini/), diakses 1 Maret 2016

Published

31-12-2023

How to Cite

Radika, & Lasari, Y. L. (2023). Membentuk Karakter Siswa dengan Kegiatan Ekstrakulikuler Polisi Cilik di MIN X Tanah Datar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 44–53. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i2.167