Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kesadaran Siswa di SMA SWASTA St. Petrus Kewapante
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.156Keywords:
Kesadaran, Tata tertib, SMAS St. Petrus KewapanteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata tertib sekolah terhadap kesadaran siswa di SMA Swasta St.Petrus Kewapante. Metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik dan pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informen yang dijadikan sumber yaitu guru Bk, kepala sekolah, guru kesiswaan, dan siswa. Hasil penelitian adalah siswa di SMA Swasta St. Petrus Kewapante masih sangat kurang mentaati aturan tata tertib yang diterapkan. Kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah yang harus diterapkan. masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Banyak sikap buruk yang mereka lakukan karena kurangnya kesadaran pada diri mereka tentu saja hal ini berdampak negatif dari diri mereka sendiri. kesadaran diri berkurang misalnya tidak bertanggung jawab terhadap aturan yang telah dibuat, kurangnya percaya diri,mudah putus asa. Kurangnya kesadaran siswa serta pemahaman siswa tentang pentingnya tata tertib yang diterapkan. Upaya guru mengatasi siswa yang melanggar aturan tata tertib sekolah yaitu dengan cara teguran langsung kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah, dan mengeluarkan surat panggilan.Downloads
References
Ahmad Susanto (2013:12-13). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikanto (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatam praktik. Jakarta:Rineka cipta
Ahman, Pengendalian mutu pendidikan sekolah menengah. (Bandung : PT Refika Aditama, 2006) , hlm.39
Alif M (2018) Belajar Beladiri konsep, Model, Metode Pembelajaran Beladiri Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.
Ali Sulaiman, Anak berbakat 9 (Jakarta : Gema insane pres,2001), hlm.22
Arikunto (2010:127) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka CiptaAsikin, 2016 ;30) Hukum Acara Perdata di Indonesia. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Ayu diyah Marlina, M. Turha Yani 2013. Strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib sekolah. Pada siswa Di Sma Negeri 1 Papar Kedari, Jurnal. Kedari
D sumarno. 2008. Pedoman pelaksanaan disiplin nasional dan tata tertib sekolah, Jakarta : C. V Jaya abadi
Darmadi, Hamid . 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Daryanto, 2015 :89 ) Media pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutotorial Nurani Sejahtera.
Daryanto, 2015:84). Supervisi Pembelajaran, Yogyakarta, Gava Media.
Depdiknas ( 2006 : 3) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Depniknas
Dwi Anggoro (2011). Metode penelitian.Jakarta: Universitas Terbuka.
Elvi Yati Berutu, Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa
FGD ), (Noor, 2011 : 138) Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Haudzaifah. 2012. Analisis Pemakaian Seragam Sekolah Siswa SMK dalam Tinjauan Pendidikan Kritis di SMK N 5 Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Nosel, 1 (3) Sukarta: Uneversitas Negeri Surakarta.
Hasibuan (2012:193). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan ke Tiga belas, Kakarta: Bumi Aksara
Herabudin, 2015: 90 ) Pengantar Sosiologi. Bandung: Pustaka Sosial
Jufri,2013:26. Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar.Terdapat Pada http// jurnal mahasiswa.unesa.ac,id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/ article/ view.3025. Diunduh pada 16 Maret 2017.
Julyanti Annisa pratiwi, Zunnun Ferdia Novianti.2013. Pelanggaran Tata Tertip Pada Kalangan Remaja SMA NEGERI 7 Banjarmasin.KTI. Banjarmasin
Kurniawan (2018: 23). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kurniawan, 2018 : 6 ) Regresi Linier.Austria: ISBN
Kurniawan, 2018: 13). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Tersedia: http://www.gurupendidikan.com/13-pengertian-analisis-menurit-para-ahli-didunia/, Diakses Pada Tanggal 6 April 2016
Mallary Colins dan Don Fontenelle, Mengubah Perilaku Siswa, ( Semarang BPK Gunung Mulia, 2011 ), hlm 11-12
Marwan. 2012 Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Akhlak Siwa .
Meleong dalam Herdiansyah, (2010:9). Metode Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta:Salemba Humanika
Mulyono 2000 :60-64 ). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nanang ( 2014:104 ). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.
Oktavia. 2013. Tingkat Pengungkapan dan Penggunaan Deriefatif Keuangan dalam Aktivitas Penghindaran Pajak. Jurnal Kuntasi dan Keuangan Indonesia Volume 10 No 2 Desember 2013.
Rina Yati Handayani, Penanaman disiplin dalam mentaati peraturan dan tata tertib ( 03 oktober 2020 )
Rohaniah Peranan Tata Tertip Mardasah Dalam Meningkatkan Evektifitas Belajar Peserta Didik Dimardasah Tsinawiah Negeri Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Program Pascasarjana UIN Alaudin Makassar, h.5sekolah dasar negeri gue gajah ace besar.
Soekanto Soerjono (2009:180). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gravindo.
Solso dkk (2007 : 240 ). Psikologi Kognitif( Jakarta: Erlangga,2007),434
Slameto (2013:60). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono.2003 Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono ( 2011:244. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung
Sugiyono (2013). Metedelogi Penelitian Kuantitati, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono (2007:213). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Suryiosubroto (2010 : 1990). Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka, Cipta, 2004.
Undang-undang No 20 tahun 2003 pasal 3.
Walgito (2004 :34 ). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Ofset
Wibowo (2012),Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertip Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.02.01.2012,3.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Paula Hutrista, Abdullah Muis Kasim, Danar Aswim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.