Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kesadaran Siswa di SMA SWASTA St. Petrus Kewapante

Authors

  • Paula Hutrista Ikip Muhammadiyah Maumere
  • Abdullah Muis Kasim Ikip Muhammadiyah Maumere
  • Danar Aswim Ikip Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.156

Keywords:

Kesadaran, Tata tertib, SMAS St. Petrus Kewapante

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata tertib sekolah terhadap kesadaran siswa di SMA Swasta St.Petrus Kewapante. Metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik dan pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informen yang dijadikan sumber yaitu guru Bk, kepala sekolah, guru kesiswaan, dan siswa. Hasil penelitian adalah siswa di SMA Swasta St. Petrus Kewapante masih sangat kurang mentaati aturan tata tertib yang diterapkan. Kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah yang harus diterapkan. masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Banyak sikap buruk yang mereka lakukan karena kurangnya kesadaran pada diri mereka tentu saja hal ini berdampak negatif dari diri mereka sendiri. kesadaran diri berkurang misalnya tidak bertanggung jawab terhadap aturan yang telah dibuat, kurangnya percaya diri,mudah putus asa. Kurangnya kesadaran siswa serta pemahaman siswa tentang pentingnya tata tertib yang diterapkan. Upaya guru mengatasi siswa yang melanggar aturan tata tertib sekolah yaitu dengan cara teguran langsung kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah, dan mengeluarkan surat panggilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto (2013:12-13). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikanto (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatam praktik. Jakarta:Rineka cipta

Ahman, Pengendalian mutu pendidikan sekolah menengah. (Bandung : PT Refika Aditama, 2006) , hlm.39

Alif M (2018) Belajar Beladiri konsep, Model, Metode Pembelajaran Beladiri Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Ali Sulaiman, Anak berbakat 9 (Jakarta : Gema insane pres,2001), hlm.22

Arikunto (2010:127) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka CiptaAsikin, 2016 ;30) Hukum Acara Perdata di Indonesia. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Ayu diyah Marlina, M. Turha Yani 2013. Strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib sekolah. Pada siswa Di Sma Negeri 1 Papar Kedari, Jurnal. Kedari

D sumarno. 2008. Pedoman pelaksanaan disiplin nasional dan tata tertib sekolah, Jakarta : C. V Jaya abadi

Darmadi, Hamid . 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Daryanto, 2015 :89 ) Media pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutotorial Nurani Sejahtera.

Daryanto, 2015:84). Supervisi Pembelajaran, Yogyakarta, Gava Media.

Depdiknas ( 2006 : 3) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Depniknas

Dwi Anggoro (2011). Metode penelitian.Jakarta: Universitas Terbuka.

Elvi Yati Berutu, Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa

FGD ), (Noor, 2011 : 138) Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Haudzaifah. 2012. Analisis Pemakaian Seragam Sekolah Siswa SMK dalam Tinjauan Pendidikan Kritis di SMK N 5 Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Nosel, 1 (3) Sukarta: Uneversitas Negeri Surakarta.

Hasibuan (2012:193). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan ke Tiga belas, Kakarta: Bumi Aksara

Herabudin, 2015: 90 ) Pengantar Sosiologi. Bandung: Pustaka Sosial

Jufri,2013:26. Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar.Terdapat Pada http// jurnal mahasiswa.unesa.ac,id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/ article/ view.3025. Diunduh pada 16 Maret 2017.

Julyanti Annisa pratiwi, Zunnun Ferdia Novianti.2013. Pelanggaran Tata Tertip Pada Kalangan Remaja SMA NEGERI 7 Banjarmasin.KTI. Banjarmasin

Kurniawan (2018: 23). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kurniawan, 2018 : 6 ) Regresi Linier.Austria: ISBN

Kurniawan, 2018: 13). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Tersedia: http://www.gurupendidikan.com/13-pengertian-analisis-menurit-para-ahli-didunia/, Diakses Pada Tanggal 6 April 2016

Mallary Colins dan Don Fontenelle, Mengubah Perilaku Siswa, ( Semarang BPK Gunung Mulia, 2011 ), hlm 11-12

Marwan. 2012 Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Akhlak Siwa .

Meleong dalam Herdiansyah, (2010:9). Metode Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta:Salemba Humanika

Mulyono 2000 :60-64 ). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Nanang ( 2014:104 ). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.

Oktavia. 2013. Tingkat Pengungkapan dan Penggunaan Deriefatif Keuangan dalam Aktivitas Penghindaran Pajak. Jurnal Kuntasi dan Keuangan Indonesia Volume 10 No 2 Desember 2013.

Rina Yati Handayani, Penanaman disiplin dalam mentaati peraturan dan tata tertib ( 03 oktober 2020 )

Rohaniah Peranan Tata Tertip Mardasah Dalam Meningkatkan Evektifitas Belajar Peserta Didik Dimardasah Tsinawiah Negeri Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Program Pascasarjana UIN Alaudin Makassar, h.5sekolah dasar negeri gue gajah ace besar.

Soekanto Soerjono (2009:180). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gravindo.

Solso dkk (2007 : 240 ). Psikologi Kognitif( Jakarta: Erlangga,2007),434

Slameto (2013:60). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono.2003 Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono ( 2011:244. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung

Sugiyono (2013). Metedelogi Penelitian Kuantitati, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono (2007:213). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suryiosubroto (2010 : 1990). Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka, Cipta, 2004.

Undang-undang No 20 tahun 2003 pasal 3.

Walgito (2004 :34 ). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Ofset

Wibowo (2012),Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertip Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.02.01.2012,3.

Published

26-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Hutrista, P., Kasim, A. M., & Aswim, D. (2023). Pengaruh Tata Tertib Sekolah terhadap Kesadaran Siswa di SMA SWASTA St. Petrus Kewapante. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 119–128. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.156