Pengembangan E-Modul Flipbook MKU Bahasa Indonesia Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Menulis Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pesisir Selatan

Authors

  • Riska Mayeni STKIP Pesisir Selatan
  • Taufik Abdul Hasan Amarullah STKIP Pesisir Selatan
  • Septiana Vratiwi STKIP Pesisir Selatan
  • Dino Adi Putra STKIP Pesisir Selatan
  • Intan Dwi Rahayu STKIP Pesisir Selatan
  • Riski Randa Hidayatullah STKIP Pesisir Selatan

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.80

Keywords:

E-Modul, Flipbook, MKU Bahasa Indonesia, Menulis, Karya Ilmiah

Abstract

Pembelajaran berbasis digital dapat menarik perhatian dan minat mahasiswa serta mampu memotivasi semangat mahasiswa dan mampu untuk memahami pembelajaran khususnya pembelajaran MKU bahasa Indonesia Materi Menulis karya ilmiah. Akan tetapi penggunaan bahan ajar modul Handout, dan buku kurang menarik minat dan motivasi mahasiswa untuk membaca sehingga mahasiswa kurang memahami materi. Di era Zaman 4.0 ini semua tingkat pendidikan sudah menggunakan media digital sebagai sarana untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satunya pembelajaran menggunakan Aplikasi zoom Meeting. Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif dalam mata kuliah MKU Bahasa Indonesia pada Mahasiswa TIK khususnya materi Menulis karya ilmiah. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan modul menjadi E-Modul Flipbook berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini, bertujuan selain untuk mengembangkan produk juga untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas produk E-modul berbasis Flip PDF Professional MKU Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research dan Development (R&D). Langkah pengembangan modul pembelajaran dikembangkan menurut Borg dan Gall meliputi 10 langkah , yaitu (1) meneliti dan mengumpulkan informasi, (2) merancang penelitian, (3) mengembangkan desain model, (4) melakukan pengujian permulaan, (5) merevisi desain permulaan, (6) menguji desain di kelas (7) merevisi model yang diuji cobakan di lapangan, 8) menguji layak tidaknya produk, (9) merevisi produk akhir, dan 10) mendesiminasi dan menerapkan hasil final. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket dan tes. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa TIK dengan menyebarkan angket dan ahli media serta melakukan wawancara dengan dua orang dosen pengampu mata kuliah MKU Bahasa Indonesia. Hasil penelitian dari hasil wawancara dan angket dapat disimpulkan produk E-modul berbasis Flip PDF Professional MKU Bahasa Indonesia layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.9395

Direktur Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas

Ermanto dan Emaidar. (2010). Bahasa Indonesia : Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Padang: Universitas Negeri Padang Press.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan e-book dengan flip pdf Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25

reen A, Jeffs DA, Boateng BA, Lowe GR, Walden M. Evaluating Evidence-Based Practice Knowledge and Beliefs Through the e-Learning EBP Academy. J Contin Educ Nurs. 2017 Jul 1;48(7):304-311. doi: 10.3928/00220124-20170616-07. PMID: 28658498.

Indaryanti, I., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2008). Pengembangan Modul Pembelajaran Individual dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 35–44.

Jurnal, A., Matematika, P., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A . Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini mengakibatkan suatu perubahan di berbagai bidang , ta. 10(1), 1–12.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2022). Design of Interactive Learning Media With The Think Talk Write Strategy on The Material of Writing Expository Texts For Grade 10 Vocational High School Students. Journal on Education, 4(4), 1950-1960.

Sugianto, D. EtAl. (2013) Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital, Invotec,Ix(2), Pp. 101–116. Available At: Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Invotec/Article/View/4860.

Riyanto, S., Lukman, & Nugroho, B. (2012). Pengembangan Framework Sistem Buku Tiga Dimensi untuk Diseminasi Informasi. E-INDONESIA INITIATIVES (EII) Forum Ke VIII, April, 1–10. https://doi.org/10.13140/2.1.4829.2165

Widiastutik, Trisya. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas Xii Dengan Flip Pdf Profesional Sebagai Alternatif Pembelajaraan Di Tengah Pandemi Covid 19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan. 15. 35-41. 10.52048/inovasi.v15i1.211.

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Mayeni, R., Amarullah, T. A. H., Vratiwi, S., Putra, D. A., Rahayu, I. D., & Hidayatullah, R. R. (2023). Pengembangan E-Modul Flipbook MKU Bahasa Indonesia Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Menulis Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pesisir Selatan. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 89–97. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.80

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.