Membangun Karakter Kepemimpinan Berbasis Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW Pada Era Modern di TPQ Masjid Nurul Ihsan Padang

Authors

  • Devi Syukri Azhari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ashabul Fadhli Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Usman Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.247

Keywords:

Membangun Karakter, Kepemimpinan Nabi Muhammad, Tantangan Era Modern

Abstract

PKM ini bertujuan untuk membangun karakter kepemimpinan berbasis kepemimpinan Nabi Muhammad SAW pada era modern di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Masjid Nurul Ihsan Padang. Pendekatan ini dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang meliputi kejujuran (shiddiq), dapat dipercaya (amanah), kecerdasan (fathonah), dan kemampuan menyampaikan pesan (tabligh) dalam proses pendidikan di TPQ. Selain itu, penggunaan teknologi modern juga diadaptasi untuk memperkuat pembelajaran tanpa mengesampingkan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan melibatkan pengajaran langsung, praktik langsung melalui aktivitas sosial, serta pengawasan dan pendampingan kolaboratif antara guru, orang tua, dan masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membentuk karakter kepemimpinan santri yang berintegritas, bertanggung jawab, cerdas, dan komunikatif. Dengan demikian, TPQ Masjid Nurul Ihsan Padang berhasil mencetak generasi pemimpin yang tidak hanya berlandaskan nilai-nilai keislaman, tetapi juga relevan dan siap menghadapi tantangan era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beekun, R. I. (2012). Character centered leadership: Muhammad (p) as an ethical role model for CEOs. Journal of Management Development, 31(10), 1003–1020.

Erwan, E., Aslan, A., & Asyura, M. (2023). Internalisasi budaya religius oleh guru akidah akhlak untuk menumbuhkan sikap akhlak mulia di mis bina dharma parit rabu. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 488–496.

Hidayah, S. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-qur’an dalam Meningkatkan Kualitas dalam Membaca Al-qur’an. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1913–1918.

Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice. Sage publications.

Nurchasanah, A. D., Sugiyat, S., & Sukari, S. (2021). PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 51–63.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98–111.

Siregar, D. R. S., & Musfah, J. (2022). Model kepemimpinan pendidikan Rasulullah SAW. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 203–215.

Rahma, F., Andika, J., Natifa, T., & Farhani, U. A. (2022). Penerapan Kepemimpinan Nabi Muhammad pada Pendidikan Islam. PANDAWA, 4(1), 141-153. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1577

Triyanto, A., & Ramly, A. T. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Diera Modernisasi. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(2), 361–372. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v2i2.7537

Tyas, N. R. (2019). MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW. Muslim Heritage, 4(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1851

Published

23-06-2024

How to Cite

Azhari, D. S., Fadhli, A., & Usman, U. (2024). Membangun Karakter Kepemimpinan Berbasis Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW Pada Era Modern di TPQ Masjid Nurul Ihsan Padang. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.247