Implementasi Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kecamatan Aru Selatan Utara
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.186Keywords:
Kebugaran Jasmani, Tingkat Kesegaran, Siswa Sekolah DasarAbstract
Peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani perlu terus dilakukan. Upaya peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani secara teratur dan terarah pada dasarnya merupakan bagian dari gaya hidup yang berkembang akibat proses pendidikan dan akulturasi. Oleh karena itu, pentingnya upaya peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani sebagai bagian integral dari upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dapat dilakukan melalui proses pendidikan dan pembudayaan seluruh masyarakat Indonesia. Melalui proses pendidikan dan budidaya diharapkan akan muncul sikap dan kesadaran dari setiap individu untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmaninya, yang kemudian menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan hidup. Salah satu strategi untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan melalui menjalani hidup aktif dan sehat. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini digunakan beberapa langkah yaitu Metode Praktik yang dilakukan dengan memberikan tes kebugaran jasmani praktik kepada siswa dan meningkatkan kebugaran siswa SD Kristen Rebi agar menjadi sehat di pulau-pulau kecil perbatasan. Dari implementasi tingkat kesegaran jasmani pada siswa SD di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kecamatan Aru Selatan Utara, dapat disimpulkan bahwa upaya ini memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan fisik para siswa. Dengan melibatkan siswa SD dalam kegiatan yang menitikberatkan pada peningkatan tingkat kebugaran jasmani, terlihat bahwa program ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya aktifitas fisik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal.
Downloads
References
Dewi, U. (2016). Hubungan Kesegaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 175–183.
Lutan, Rusli, dkk. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan Di Sepanjang Hayat. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR. Jakarta
Nuryadi, N., Negara, J. D. K., Juliantine, T., Slamet, S., & Gumilar, A. (2018). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Kemampuan Konsentrasi dan Respon Kortisol. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12578
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ztella Rumawatine, Petra P. Ritiauw

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





