Pelatihan Membaca Notasi Solmisasi untuk Meningkatkan Ketepatan Nada dalam Paduan Suara SMAK Giovanni Kupang
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.490Keywords:
Paduan suara, Solmisasi, Imitasi, DrillAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi solmisasi dan ketepatan nada siswa dalam ekstrakurikuler paduan suara di SMAK Giovanni Kupang melalui penerapan metode drill dan imitasi. Program dilaksanakan selama tujuh pertemuan dengan melibatkan 19 siswa yang mengikuti latihan vokal secara bertahap, mulai dari pengenalan notasi dasar hingga persiapan pementasan. Metode drill digunakan untuk membentuk ketepatan intonasi dan penguatan memori musikal melalui latihan berulang, sedangkan metode imitasi diterapkan untuk membantu siswa menyesuaikan warna suara dan kestabilan nada melalui peniruan model vokal. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca notasi, stabilitas intonasi, koordinasi vokal kelompok, serta kepercayaan diri siswa dalam bernyanyi. Perkembangan ini tampak pada kemampuan siswa dalam membaca notasi secara mandiri, menyesuaikan suara dengan iringan musik, dan menampilkan performa paduan suara yang lebih matang pada kegiatan pementasan sekolah. Secara keseluruhan, pelatihan membaca notasi solmisasi melalui kombinasi metode drill dan imitasi terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi musikal dan kualitas performa paduan suara, serta berpotensi dikembangkan sebagai model pembinaan vokal berkelanjutan di sekolah.
Downloads
References
Aldo Putra Utama, A., Ghozali, I., & Putra, Z. A. W. (2024). Metode dan teknik vokal paduan suara di Kring Santa Katarina dari Paroki Santa Sesilia Pontianak. Cantata Deo: Jurnal Musik dan Seni, 2(2), 114–123. https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i2.221 DOI: https://doi.org/10.69748/jmcd.v2i2.221
Bauana, A. E. (2024). Penerapan audio-visual dalam bernyanyi paduan suara pada ekstrakurikuler musik di SMA Kristen Tongkat Harun. Tambur: Journal of Music Creation, Study and Performance, 4(2), 40–50. https://ejournal.iaknkupang.ac.id/ojs/index.php/tam/article/view/420
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Emmons, S., & Chase, S. (2006). Prescriptions for choral excellence: Tone, style, and expressivity in choral performance. Oxford University Press. DOI: https://doi.org/10.1093/oso/9780195182422.001.0001
Jamalus. (1988). Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Paputungan, F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan metode imitasi dan drill pada paduan suara Manado Independent School. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.129 DOI: https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.129
Phillips, K. H. (2004). Directing the choral music program. Oxford University Press.
Sihite, N. K., Telaumbanua, E. H., & Sianturi, M. A. (2023). Penerapan teknik artikulasi dalam bernyanyi pada paduan suara SMA Negeri Lintong Nihuta. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(5), 360–370. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i5.427 DOI: https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i5.427
Swanwick, K. (1999). Teaching music musically. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203258156
Tumanggor, D., Tejapermana, P., & Setiawan, A. (2025). Metode pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler Swara Tamariska di BPK Penabur Bandar Lampung. TACET: Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.26418/tacet.v4i2.94305 DOI: https://doi.org/10.26418/tacet.v4i2.94305
Zakarias, A. W. P., Sagala, D., Olendo, Y. O., Ghozali, I., Satriyaningsih, A. R. O., & Aditya, M. C. P. (2023). Pelatihan teknik vokal pada paduan suara campuran di SMA Negeri 1 Pontianak. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 73–83. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.155 DOI: https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.155
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Yosefina Mage Senda, Yovita Febrianti Bupu, Angri Ananias Yoan Sompu, Della Nasaria Seran, Fransiskus Asisi Noa, Khatarina Kojaing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





