Author Guidelines

Kebijakan Pengelola


  1. FLOBIJO: Flobamora Biological Journal merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi Biologi Universitas San Pedro. Jurnal ini adalah wadah publikasi dibidang biologi khususnya Mikrobiologi, Biofarmaka, Genetika, Biologi Molekuler, Biologi Reproduksi, Biologi Lingkungan, Botani, dan Biokonservasi yang diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas terkait hasil penelitian biologi sesuai dengan fokus dan ruang lingkup yang terdapat di laman focus and scope.
  2. Naskah artikel wajib diketik sesuai dengan article template di portal elektronik FLOBIJO: Flobamora Biological Journal. Unduh article template
  3. Naskah artikel yang dikirimkan kepada redaksi, belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media publikasi lainnya; dibuktikan dengan surat pernyataan penulis.
    Unduh Surat Pernyataan Orisinalitas Karya

Persyaratan Umum


  1. Artikel dapat ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  2. Panjang artikel maksimal 10-18 halaman (tidak termasuk daftar pustaka).
  3. Setiap artikel akan diuji plagiasi.
  4. Artikel disajikan dengan 9 komponen, yaitu: Judul, Identitas Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup, dan Daftar Pustaka.
  5. Tubuh artikel diketik menggunakan menggunakan jenis huruf Cambria, 12pt, jarak antar baris 1,15 spasi.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka (Versi American Psychological Association)


Bagian ini memberikan contoh penulisan sumber sitasi. Semua yang ada dalam daftar ini dapat dirunut dalam badan artikel template ini untuk dipelajari tata cara penulisan sitasi dalam teks.

(Jenis: artikel jurnal satu pengarang)
Thohari, M. (1987). Upaya Penangkaran Satwaliar. Media Konservasi. 1(3): 21–26.

(Jenis: artikel jurnal lebih dari satu pengarang)
Efremila, Wardenaar, E., dan Sisillia, L. (2013). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Oleh Etnis Suku Dayak Didesa Kayu Tanam Kecamatan Mandor Kabupaten Landak. Jurnal Hutan Lestari. 3(2) : 234 – 246

(Jenis: buku satu pengarang)
Walpole, E. R. (1997). Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 (Jenis: buku dua pengarang)
Houpt, K. A., & Thomas, T. A. (1982). Domestic Animal Behaviour for Veterinarians and Animal Scientist. Iowa: The Iowa State University Press.

(Jenis: e-book)
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school   Retrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition

(Jenis: book section)
Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. dalam L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

(Jenis: buku yang diterjemahkan)
Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

(Jenis: buku author sama dengan penerbit)
American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

(Jenis: prosiding)
Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China.

(Jenis: artikel daring/online)
Purdue Online Writing Lab. (27/03/2015). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications).  Dikutip pada 12 Maret 2017 dari https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/10/ pada tanggal 5 Juni 2017.

(Jenis:Skripsi, Thesis dan Disertasi)
Notanubun, P. R. (2002). Tingkat kesukaan burung dara mahkota victoria (Goura victoria) terhadap beberapa jenis pakan [skripsi]. Manokwari: Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Negeri Papua. www.papuaweb.org/unipa/dlib-s123/ notanubun/s1.pdf.  [18 April 2021]

(Jenis: dokumen hukum perundangan)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2016 No. 22, Penilaian Autentik di Sekolah Dasar.

(Jenis: dokumen buku pedoman/laporan institusi pemerintah/organisasi)
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Apabila penulis menemukan permasalahan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring (online), silakan menghubungi tim redaksi.