Workshop dan Pendampingan Identifikasi Produk Unggulan Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 1 Borong

Authors

  • Nicolaus Noywuli Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Antonia Paulina Bao Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Ignoisa Taus Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Victoria Ayu Puspita Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Maria Arnoldiana Dadjan Uran Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • David Januarias D. Patty Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Victoria Coo Lea Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
  • Maria Yoandarta I. Maun Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.381

Keywords:

Workshop, Pendampingan, Produk Unggulan, Teaching Factory, Kurikulum BMW

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Borong, Kabupaten Manggarai Timur, sebagai bagian dari implementasi kurikulum BMW (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha) pada jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam mengidentifikasi produk unggulan berbasis mata pelajaran penciri melalui pendekatan teaching factory yang selaras dengan standar industri. Metode yang digunakan adalah observasi dan pendampingan. Observasi dilakukan untuk mengkaji potensi produk lokal yang dimiliki sekolah, dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop dan pendampingan kepada para guru guna mengarahkan proses identifikasi dan pengembangan produk unggulan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam merancang pembelajaran berbasis produk unggulan, baik produk utama maupun produk hasil olahan limbah. Produk-produk tersebut meliputi pengolahan kopi, kakao, nanas, singkong, dan tomat yang disesuaikan dengan mata pelajaran di masing-masing tingkat kelas. Kegiatan ini juga mendorong terbentuknya perangkat pembelajaran yang relevan dan berorientasi industri serta memperkuat hubungan antara sekolah dan dunia usaha/dunia industri. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini berkontribusi terhadap penguatan kapasitas guru dan peningkatan mutu pembelajaran di SMK berbasis kebutuhan lokal dan industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendra, A. A. U., Jaedun, A., & Prihadi, W.R. (2020). Pola Pembelajaran Teaching Factory Pada Program Keahlian Teknik Furnitur Di SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 124-138

Hidayat, D.M. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 270-278

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310-319

Mahdane, A., Hubeis, M., & Kuswanto, S. (2018). Pengaruh SKKNI dan Kompetensi SDM terhadap Pengembangan SDM di Unit Profesi SDM dalam menghadapi Era MEA. Manajemen IKM: Jurnal Institut Pertanian Bogor, 3(1), 1-9

Nurtanto, M., Ramdani, S.D. Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasiona Pendidikan FKIP UNTIRTA. ISBN 978-602-19411-2-6

Published

09-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Noywuli, N., Bao, A. P., Taus, I., Puspita, V. A., Uran, M. A. D., Patty, D. J. D., … Maun, M. Y. I. (2025). Workshop dan Pendampingan Identifikasi Produk Unggulan Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 1 Borong. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.381

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)