Pemberdayaan Remaja Masjid melalui Pengelolaan Kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Firdaus Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.399Keywords:
Buka Puasa Bersama, Pengelolaan, Pemberdayaan, Solidaritas Sosial Remaja MasjidAbstract
Kegiatan buka puasa bersama di bulan Ramadhan memiliki nilai-nilai sosial dan spiritual yang penting, terutama di kalangan remaja masjid, sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi dan membangun solidaritas. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan remaja masjid melalui pelibatan aktif dalam pengelolaan kegiatan buka puasa bersama di Masjid Al-Firdaus Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan advokasi dengan strategi Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada penguatan potensi internal komunitas. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa 88% remaja masjid aktif dalam seluruh tahapan kegiatan, dengan 76% menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Kegiatan ini juga meningkatkan solidaritas sosial dan kemandirian remaja dalam merancang dan melaksanakan program sosial. Temuan ini menegaskan bahwa kegiatan keagamaan berbasis komunitas efektif sebagai sarana pembentukan karakter dan pemberdayaan generasi muda. Disarankan agar program ini dikembangkan menjadi pembinaan berkelanjutan dengan dukungan pelatihan lanjutan dan pelibatan pihak eksternal.
Downloads
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., … Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. irektorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kementerian Agama RI.
Anam, A. C., Adiyana, A., Saputro, N. C., Saddad, A., Yakseb, A., Hamidah, A. M., … Asnawat, A. (2024). Tradisi Ramadan di Indonesia. Tulungagung: Akademika Pustaka.
Anita, A., Qomarullah, R., Yusuf, M., Friyadi, A., Lestari, D., & Labuem, S. (2021). Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring.
Basir, A., Lutfiah, L. P., & Nurhasanah, Y. E. (2022). Peran Organisasi Prisma (Pemuda Remaja Islam Masjid) dalam Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Keagamaan di Masyarakat Cugenang. Dirasa Islamiyya, 1(2), 129–144. https://doi.org/10.61630/dijis.v1i2.41
Dereau, C. (2019). Pembaru dan kekuatan local untuk pembangunan, Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS) Tahap II. Agustus. Tahap II.
Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Ilmu (Vol. 5). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Maulana, M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572
Samanto, H., Fitria, T. N., Marimin, A., Sahidd, A., Hiddayatullah, B., & Sutanti, A. (2024). Optimalisasi Peran Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Kegiatan Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS, 06(02), 221–229. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/budimas.v6i2.14413
Saputra, H. Y. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26. Retrieved from https://www.ojs.staisamorapematangsiantar.ac.id/index.php/samora/article/view/32
Setiawan, A. G., Supriadi, U., & Abdullah, M. (2024). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains Vol., 13(2018). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v13i2.24832
Setiawan, T. A. (2025). Tahapan Permberdayaan Ekonomi Remaja Masjid Al-Ikhlas (Remila) Melalui Usaha Bouquet Remila di Kelurahan Cipete Selatan Jakarta Selatan. Falkultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.
Sofiyawati, N. (2023). Mendirikan Organisasi Remaja Musala sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jendela PLS, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7463
Sutrisno, G., Swastika, S., Bramantyo, A., & Amelia, D. (2024). Berbagi Tajil Di Bulan Ramadhan Bersama Sivitas Akademika Dalam Kebersamaan Dan Keragaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15–24. https://doi.org/https://doi.org/10.70429/bhaktimas.v2i1.105
Wahab, A. J. (2021). Fungsi masjid sebagai pusat pendidikan moderasi beragama pada masa pandemi. Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.
Zahra, Z., Wati, H. E., Yuliani, H., & Slamet, R. (2024). Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD IT Mujahidul Amin Palangka Raya. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i2.2919
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kusnia Nikmatul Khasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.