Pemberdayaan Remaja Masjid melalui Pengelolaan Kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Firdaus Palangka Raya

Authors

  • Kusnia Nikmatul Khasanah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.399

Keywords:

Buka Puasa Bersama, Pengelolaan, Pemberdayaan, Solidaritas Sosial Remaja Masjid

Abstract

Kegiatan buka puasa bersama di bulan Ramadhan memiliki nilai-nilai sosial dan spiritual yang penting, terutama di kalangan remaja masjid, sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi dan membangun solidaritas. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan remaja masjid melalui pelibatan aktif dalam pengelolaan kegiatan buka puasa bersama di Masjid Al-Firdaus Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan advokasi dengan strategi Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada penguatan potensi internal komunitas. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukkan bahwa 88% remaja masjid aktif dalam seluruh tahapan kegiatan, dengan 76% menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Kegiatan ini juga meningkatkan solidaritas sosial dan kemandirian remaja dalam merancang dan melaksanakan program sosial. Temuan ini menegaskan bahwa kegiatan keagamaan berbasis komunitas efektif sebagai sarana pembentukan karakter dan pemberdayaan generasi muda. Disarankan agar program ini dikembangkan menjadi pembinaan berkelanjutan dengan dukungan pelatihan lanjutan dan pelibatan pihak eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., … Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. irektorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kementerian Agama RI.

Anam, A. C., Adiyana, A., Saputro, N. C., Saddad, A., Yakseb, A., Hamidah, A. M., … Asnawat, A. (2024). Tradisi Ramadan di Indonesia. Tulungagung: Akademika Pustaka.

Anita, A., Qomarullah, R., Yusuf, M., Friyadi, A., Lestari, D., & Labuem, S. (2021). Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Yang Terdepan Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring.

Basir, A., Lutfiah, L. P., & Nurhasanah, Y. E. (2022). Peran Organisasi Prisma (Pemuda Remaja Islam Masjid) dalam Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Keagamaan di Masyarakat Cugenang. Dirasa Islamiyya, 1(2), 129–144. https://doi.org/10.61630/dijis.v1i2.41

Dereau, C. (2019). Pembaru dan kekuatan local untuk pembangunan, Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS) Tahap II. Agustus. Tahap II.

Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Ilmu (Vol. 5). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Maulana, M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Samanto, H., Fitria, T. N., Marimin, A., Sahidd, A., Hiddayatullah, B., & Sutanti, A. (2024). Optimalisasi Peran Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Kegiatan Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS, 06(02), 221–229. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/budimas.v6i2.14413

Saputra, H. Y. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26. Retrieved from https://www.ojs.staisamorapematangsiantar.ac.id/index.php/samora/article/view/32

Setiawan, A. G., Supriadi, U., & Abdullah, M. (2024). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kelompok Remaja Masjid. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains Vol., 13(2018). https://doi.org/10.19109/intelektualita.v13i2.24832

Setiawan, T. A. (2025). Tahapan Permberdayaan Ekonomi Remaja Masjid Al-Ikhlas (Remila) Melalui Usaha Bouquet Remila di Kelurahan Cipete Selatan Jakarta Selatan. Falkultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

Sofiyawati, N. (2023). Mendirikan Organisasi Remaja Musala sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jendela PLS, 8(1), 97–111. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7463

Sutrisno, G., Swastika, S., Bramantyo, A., & Amelia, D. (2024). Berbagi Tajil Di Bulan Ramadhan Bersama Sivitas Akademika Dalam Kebersamaan Dan Keragaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15–24. https://doi.org/https://doi.org/10.70429/bhaktimas.v2i1.105

Wahab, A. J. (2021). Fungsi masjid sebagai pusat pendidikan moderasi beragama pada masa pandemi. Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Zahra, Z., Wati, H. E., Yuliani, H., & Slamet, R. (2024). Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD IT Mujahidul Amin Palangka Raya. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i2.2919

Published

03-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Khasanah, K. N. (2025). Pemberdayaan Remaja Masjid melalui Pengelolaan Kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Firdaus Palangka Raya. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.399

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.