Penyuluhan Dampak Negatif Penggunaan Game Online di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.403Keywords:
Kecanduan Game Online, Kesehatan Remaja, Penyuluhan, Intervensi Sekolah, Perubahan PerilakuAbstract
Kecanduan game online merupakan fenomena yang semakin mengkhawatirkan di kalangan remaja karena dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan mengenai dampak negatif dari perilaku kecanduan game online. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah interaktif dan sesi tanya jawab yang melibatkan siswa kelas X sebagai peserta utama. Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap awal dilakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa, diikuti dengan penyuluhan menggunakan media presentasi, dan diakhiri dengan post-test guna mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap berbagai dampak negatif game online, seperti gangguan tidur, kelelahan mata, menurunnya minat belajar, serta gangguan sosial. Selain itu, siswa juga memperoleh pemahaman bahwa game online dapat memberikan manfaat jika dimainkan secara proporsional. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pengelolaan waktu dan penggunaan teknologi secara bijak. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendukung upaya pencegahan perilaku adiktif pada remaja.
Downloads
References
Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 42–47. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108
Pallawagau, A. (2019). Pengaruh game online terhadap prestasi akademik siswa di rumah susun Jatinegara Barat. Jurnal Ilmiah Postulate, IX(1), 32–48.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236
Rania, D. (2018). 7 kematian tragis gara-gara kecanduan game online. Mirisnya kejadian seperti ini makin sering terjadi. Hipwee. https://www.hipwee.com/feature/7-kematian-tragis-gara-gara-kecanduan-game-mirisnya-kejadian-seperti-ini-makin-sering-terjadi/
Rudhiati, F., Apriany, D., & Hardianti, N. (2015). Hubungan durasi bermain video game dengan ketajaman penglihatan anak usia sekolah. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i2.83
Sumarsih, T., & Nugroho, F. A. (2020). Edukasi dampak negatif bermain game online dan tontonan kekerasan pada siswa SMP Muhammadiyah Gombong. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 1(1), 71. https://doi.org/10.26753/empati.v1i1.411
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatma Dewani Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





