Penyuluhan Dampak Negatif Penggunaan Game Online di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Authors

  • Fatma Dewani Harahap Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.403

Keywords:

Kecanduan Game Online, Kesehatan Remaja, Penyuluhan, Intervensi Sekolah, Perubahan Perilaku

Abstract

Kecanduan game online merupakan fenomena yang semakin mengkhawatirkan di kalangan remaja karena dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan mengenai dampak negatif dari perilaku kecanduan game online. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah interaktif dan sesi tanya jawab yang melibatkan siswa kelas X sebagai peserta utama. Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap awal dilakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal siswa, diikuti dengan penyuluhan menggunakan media presentasi, dan diakhiri dengan post-test guna mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap berbagai dampak negatif game online, seperti gangguan tidur, kelelahan mata, menurunnya minat belajar, serta gangguan sosial. Selain itu, siswa juga memperoleh pemahaman bahwa game online dapat memberikan manfaat jika dimainkan secara proporsional. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pengelolaan waktu dan penggunaan teknologi secara bijak. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendukung upaya pencegahan perilaku adiktif pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 42–47. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108

Pallawagau, A. (2019). Pengaruh game online terhadap prestasi akademik siswa di rumah susun Jatinegara Barat. Jurnal Ilmiah Postulate, IX(1), 32–48.

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236

Rania, D. (2018). 7 kematian tragis gara-gara kecanduan game online. Mirisnya kejadian seperti ini makin sering terjadi. Hipwee. https://www.hipwee.com/feature/7-kematian-tragis-gara-gara-kecanduan-game-mirisnya-kejadian-seperti-ini-makin-sering-terjadi/

Rudhiati, F., Apriany, D., & Hardianti, N. (2015). Hubungan durasi bermain video game dengan ketajaman penglihatan anak usia sekolah. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i2.83

Sumarsih, T., & Nugroho, F. A. (2020). Edukasi dampak negatif bermain game online dan tontonan kekerasan pada siswa SMP Muhammadiyah Gombong. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 1(1), 71. https://doi.org/10.26753/empati.v1i1.411

Published

04-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Harahap, F. D. (2025). Penyuluhan Dampak Negatif Penggunaan Game Online di Kalangan Siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–60. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.403

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.