Sosialisasi Pengenalan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Teflasi

Authors

  • Iis Aprianti Universitas Timor
  • Eugelin Sulaiman Universitas Timor
  • Desta Gloria Siahaan Universitas Timor
  • Adi Saputra Hasibuan Universitas Timor
  • Adelya I. Manalu Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.163

Keywords:

Sosialisasi, Kurikulum Merdeka , Platform Merdeka Belajar, Demonstrasi Langsung

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka yang digulirkan pemerintah Indonesia banyak menimbulkan kegagapan di sekolah, khususnya para guru. Para guru harus belajar dan berlatih lebih banyak tentang kurikulum baru ini. Sekolah-sekolah yang berada di kota dengan jaringan internet yang lancar barangkali menerima informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mudah. Hal ini tentunya tidak sama dengan sekolah-sekolah yang ada di pedalaman, termasuk SMP Negeri Teflasi. Sekolah dengan akses yang terjal dan kondisi jaringan internet yang buruk menjadikan informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka tidak mudah diperoleh. Tujuan adanya program pengabdian sosialisasi di SMP Negeri Teflasi adalah untuk memberikan informasi berkaitan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka beserta platform merdeka belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat Sosialisasi Pengenalan Kurikulum Merdeka ini disampaikan kepada para guru SMP Negeri Teflasi Kabupaten Timor Tengah Utara. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah metode presentasi yang  menampilkan materi melalui LCD dan juga demonstrasi langsung platform merdeka belajar melalui smartphone. Implementasi hasil pengabdian yang dilaksanakan adalah guru mengetahui informasi berkaitan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dan guru mampu menggunakan platform merdeka belajar. Guru-guru juga mengetahui perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya. Guru-guru juga sudah memperoleh platform merdeka belajar di smartphone masing-masing dan dapat diakses kapanpun ketika jaringan internet baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus. S.C. et.al. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah / Madrasah Melaui Bimtek Model In-On-In. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS. 2(1), 1267-1275

A.T. Daga. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. J. Educ. FKIP UNMA, 7(3), 1075-1090

Dirjen Dikti Kemendikbud, (2020), Buku Panduan Merdeka Belajar -Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Camellia, et al. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum bagi Guru. SATWIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 9-10.

Jamjemah, D.Tomo, et.al. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal pendidikan Dasar Perkhasa. 8(2), 119-127.

Lanny, I.K, et.al. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Ende. Jurnal Nauli Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1). 1, 10-16.

Nurani, Dwi, et.al. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Saputra, R., et.al. (2022). Pendampingan Satuan Pendidikan untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SD Negeri 139 Kecamatan Lais dan Batik Nau. Jurnal Dehasen untuk Negeri.

Sari, F.B, et.al (2020). Pengembangan Kurikulm Merdeka. Jurnal Basicedu, 3(2). 524-532.

Yose, I, dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembagan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 3011-3024.

Published

03-12-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Aprianti, I., Sulaiman, E., Siahaan, D. G., Hasibuan, A. S., & Manalu, A. I. (2023). Sosialisasi Pengenalan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Teflasi. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.163

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.