Sosialisasi Pengenalan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Teflasi
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.163Keywords:
Sosialisasi, Kurikulum Merdeka , Platform Merdeka Belajar, Demonstrasi LangsungAbstract
Implementasi Kurikulum Merdeka yang digulirkan pemerintah Indonesia banyak menimbulkan kegagapan di sekolah, khususnya para guru. Para guru harus belajar dan berlatih lebih banyak tentang kurikulum baru ini. Sekolah-sekolah yang berada di kota dengan jaringan internet yang lancar barangkali menerima informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mudah. Hal ini tentunya tidak sama dengan sekolah-sekolah yang ada di pedalaman, termasuk SMP Negeri Teflasi. Sekolah dengan akses yang terjal dan kondisi jaringan internet yang buruk menjadikan informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka tidak mudah diperoleh. Tujuan adanya program pengabdian sosialisasi di SMP Negeri Teflasi adalah untuk memberikan informasi berkaitan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka beserta platform merdeka belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat Sosialisasi Pengenalan Kurikulum Merdeka ini disampaikan kepada para guru SMP Negeri Teflasi Kabupaten Timor Tengah Utara. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah metode presentasi yang menampilkan materi melalui LCD dan juga demonstrasi langsung platform merdeka belajar melalui smartphone. Implementasi hasil pengabdian yang dilaksanakan adalah guru mengetahui informasi berkaitan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dan guru mampu menggunakan platform merdeka belajar. Guru-guru juga mengetahui perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya. Guru-guru juga sudah memperoleh platform merdeka belajar di smartphone masing-masing dan dapat diakses kapanpun ketika jaringan internet baik.
Downloads
References
Agus. S.C. et.al. (2022). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah / Madrasah Melaui Bimtek Model In-On-In. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS. 2(1), 1267-1275
A.T. Daga. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. J. Educ. FKIP UNMA, 7(3), 1075-1090
Dirjen Dikti Kemendikbud, (2020), Buku Panduan Merdeka Belajar -Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.
Camellia, et al. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum bagi Guru. SATWIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 9-10.
Jamjemah, D.Tomo, et.al. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal pendidikan Dasar Perkhasa. 8(2), 119-127.
Lanny, I.K, et.al. (2022). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah Ende. Jurnal Nauli Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1). 1, 10-16.
Nurani, Dwi, et.al. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.
Saputra, R., et.al. (2022). Pendampingan Satuan Pendidikan untuk Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SD Negeri 139 Kecamatan Lais dan Batik Nau. Jurnal Dehasen untuk Negeri.
Sari, F.B, et.al (2020). Pengembangan Kurikulm Merdeka. Jurnal Basicedu, 3(2). 524-532.
Yose, I, dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembagan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 3011-3024.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iis Aprianti, Eugelin Sulaiman, Desta Gloria Siahaan, Adi Saputra Hasibuan, Adelya I. Manalu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





