Pelatihan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk Guru SD dan SMP di Desa Dadapan Gucialit Lumajang

Authors

  • Devi Rahayu Agustin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang
  • Lukman Jakfar Shodiq Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang
  • Lely Indah Kurnia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang
  • Idam Djunaedi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang
  • Pradipta Andreansyah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.195

Keywords:

Pelatihan pembelajaran Berdiferensiasi, Artificial Intelligence, Guru SD dan SMP

Abstract

Banyaknya pihak guru di desa dadapan mengalami kesulitan dalam menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran berdiferensiasi belum ada bentuk pelatihan di desa dadapan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi desa dadapan tidak maksimal dan cenderung menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah mengadakan workshop desain pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Artificial Intelligence (AI). Metode pelaksanaan tahapan-tahapan kegiatan pelaksanaan Pelatihan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan metode dalam pelatihan yakni Ceramah, tanya jawab, dan pendampingan, serta praktik. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang dilaksanakan di SMPN 2 Gucialit. Hasil yang diperoleh diantaranya sebagian peserta bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat bagi guru dan peserta juga mengalami peningkatan dalam keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi memanfaatkan artificial intelligence (AI).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 96–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960/2305

Chandra Handa, M. (2019). Leading Differentiated Learning for the Gifted. Roeper Review, 41(2), 102–118. https://doi.org/10.1080/02783193.2019.1585213

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38

Lumajang B. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lumajang. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. https://bappeda.lumajangkab.go.id/uploads/ppid/RPJMD_2018_-_2023.pdf

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54.

Published

28-12-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Agustin, D. R., Shodiq, L. J., Kurnia, L. I., Djunaedi, I., & Andreansyah, P. (2023). Pelatihan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk Guru SD dan SMP di Desa Dadapan Gucialit Lumajang. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.195

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.