Pelatihan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk Guru SD dan SMP di Desa Dadapan Gucialit Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.195Keywords:
Pelatihan pembelajaran Berdiferensiasi, Artificial Intelligence, Guru SD dan SMPAbstract
Banyaknya pihak guru di desa dadapan mengalami kesulitan dalam menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran berdiferensiasi belum ada bentuk pelatihan di desa dadapan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi desa dadapan tidak maksimal dan cenderung menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah mengadakan workshop desain pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Artificial Intelligence (AI). Metode pelaksanaan tahapan-tahapan kegiatan pelaksanaan Pelatihan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan metode dalam pelatihan yakni Ceramah, tanya jawab, dan pendampingan, serta praktik. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang dilaksanakan di SMPN 2 Gucialit. Hasil yang diperoleh diantaranya sebagian peserta bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat bagi guru dan peserta juga mengalami peningkatan dalam keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi memanfaatkan artificial intelligence (AI).
Downloads
References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 96–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960/2305
Chandra Handa, M. (2019). Leading Differentiated Learning for the Gifted. Roeper Review, 41(2), 102–118. https://doi.org/10.1080/02783193.2019.1585213
Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38
Lumajang B. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lumajang. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. https://bappeda.lumajangkab.go.id/uploads/ppid/RPJMD_2018_-_2023.pdf
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Devi Rahayu Agustin, Lukman Jakfar Shodiq, Lely Indah Kurnia, Idam Djunaedi, Pradipta Andreansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





