Pendampingan Industri Pariwisata Kreatif Berbasis Potensi Lokal yang Berdampak pada Ekonomi di Desa Pancot Tawangmangu

Authors

  • Irwan Christanto Edy Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan
  • Kristian Faskahariyanto Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan
  • Suryo Adinugroho Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.198

Keywords:

Pendampingan, Potensi Lokal, Ekonomi, Industri Kreatif

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat di desa Pancot Tawangmangu ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam pemasaran produk wisata di desa Pancot Tawangmangu yang berupa tradisi Mondosiyo sebagai warisan budaya yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Desa Pancot termasuk wilayah Kelurahan Kalisoro yang terletak sekitar 2 km sebelah Timur dari kantor Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah, memiliki wisata alam yang menarik serta warisan budaya. Sebagian besar masyarakat Dusun Pancot bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, ataupun penyedia jasa untuk kepentingan pariwisata. Terkait dengan produk desa Pancot yang sebagian besar adalah hasil pertanian, maka perlu upaya untuk membantu pemasaran produk desa Pancot khusus produk wisata. Tradisi mondosiyo akan memberikan ruang bagi penjualan produk pertanian masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam strategi pengembangan industri kreatif, khususnya kepada pelaku bisnis UMKM kuliner termasuk kelompok muda, yaitu karang taruna di desa Pancot. Metode pelaksanaan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan forum diskusi kelompok (FGD). Kesimpulan hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan, keterampilan dan motivasi kelompok usaha termasuk pemuda karang taruna dalam mengelola dan memasarkan produk pertanian, kuliner, seni dan budaya mondosiyo kepada kepada masyarakat umum. Tim pengabdi telah menjadi mitra untuk memasarkan potensi di desa Pancot Tawangmangu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edy,I.C., R., T. (2023). Pendampingan UMKM Gita Laras Tawangmangu dalam Manajemen Produk untuk Optimalisasi Penjualan. Azramedia Indonesia, 3(4).

Harianja, R., P., R. R., Mustofa, A.N.A., P., M., & Syahputra, A., H., S. T. E. W. (2022). Perilaku Berwisata Wisatawan Nusantara Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata, Agama, Dan Budaya, 7(1).

Harnadi. A. (2021). Bijak Berwisata Pasca Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 3(1).

Hasyim, R.A., D., B., & Ayasofia, F. (2020). Memprediksi Orientasi Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid-19. 7(1).

Indriyani,E., U., A. (2020). Model strategi penguatan daya saing industri kreatif pariwisata bernilai kearifan lokal.

Janah, A.I.N. (2020). Makna Simbolik Tradisi Mondhosio di Dusun Pancot, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 1(1).

Maulana, A., N., N., & Rosa, A., Y., D. (2022). Pemberdayaan Peningkatan Kapasitas Wirausaha Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Rencana Bisnis. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Murdyaningsih, Devi. (2021). Tradisi Mandhasiya Desa Pancot dan Potensinya sebagai Daya Tarik Wisata Kabupaten Karanganyar. El Tarikh Is the Journal of History, Culture,and Islamic Civilization (JHCC), 2(2).

Suprayitno. (2022). Pentingnya Jiwa Wirausaha Bagi Karang Taruna Kel. Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6).

Widjaya, A.N. (2020). Strategi Komunikasi Warga Lingkungan Pancot dalam Upaya Promosi Pembentukan Rintisan Desa Wisat Pancot, Kalisoro, Tawangmangu [Tugas Akhir]. Universitas Sebelas maret.

Published

29-12-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Edy, I. C., Adinugroho, S., & Adinugroho, S. (2023). Pendampingan Industri Pariwisata Kreatif Berbasis Potensi Lokal yang Berdampak pada Ekonomi di Desa Pancot Tawangmangu. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 110–117. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.198