Pelatihan Layanan Informasi untuk Mengatasi Perilaku Cyberbullying
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.61Keywords:
Cyberbullying, Layanan Informasi, Pelatihan, SiswaAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi terhadap peserta didik di SMA Negeri 4 Padang. Kegiatan PKM ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana cara mengatasi perilaku cyberbullying melalui layanan informasi bimbingan konseling. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah kegiatan pengantar, praktik langsung dengan cara pemberian materi tentang cyberbullying beserta dampaknya dengan diikuti diskusi dan tanya jawab, evaluasi, pendampingan, serta pemantauan lanjutan terkait dengan perilaku peserta didik. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan pemahaman baru yang diperoleh peserta didik terkait cyberbullying beserta dampaknya yang akan diterima oleh pelaku maupun korban cyberbullying. Hal ini terlihat bahwa peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang ditunjukkan dengan keaktifan berdiskusi dan tanya jawab. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk memberikan pencegahan bagi peserta didik serta memberikan pemahaman yang lebih luas sehingga perilaku cyberbullying diharapkan tidak akan berkembang dan tidak dilakukan oleh peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, maka pelatihan ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam memberikan pemahaman dan pencegahan perilaku cyberbullying yang ada di sekolah.
Downloads
References
Akbar.A.M., dan Utari, P. (2004). Cyberbullying pada Media Sosial, Studi Analisis Cyberbullying Remaja Difacbook.https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Andri, P. (2010). Lets end Bulying. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Fatkhurrohman. (2020). Hubungan antara Kesepian dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Meleong, L. J. (2006). Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Merrill, R. M., & Hanson, C. L. (2016). Risk and Protective Factors Associated With Being Bullied on School Property Compared With Cyberbullied. BMC Public Health, 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-016-2833-3
Mugiarso, H, dkk. (2004). Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Patchin, J.W., & Hinduja, S. (2015). Measuring cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, .https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/
Payitno. (2004). Seri Layanan Konseling L.1-L.9. Padang: UNP
Prayitno & Amti,E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 129. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002
Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perilaku Perundung Maya (CyberBullying) pada Remaja Awal. Journal Psikologis Insight, 1(1), 25–39.
Smith. (2015). Impact of Traditional Bullying and Cyberbullying on the mental Health of Middle School and High School Students. Psychology in the Schools. https://doi.org/10.1002/pits.21841
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah. Pekanbaru : Grafindo Persada.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mufadhal Barseli, Vera Sriwahyuningsih, Desi Afrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.