Peningkatan Kecerdasan Siswa melalui Pengenalan Pengelolaan Keuangan Daerah di SMK Jeljakaka

Authors

  • Clara Kesaulya Universitas Pattimura
  • Maher Syalal Lawalata Universitas Pattimura
  • Yohana M. Kalorbobir Universitas Pattimura
  • Ester Melania Pasamba Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.245

Keywords:

Peningkatan, Kecerdasan Siswa, Pengelolaan Keuangan Daerah, SMK Jeljakaka

Abstract

Salah satu langkah penting untuk memastikan bahwa siswa memahami dan mampu mengelola aspek keuangan baik dalam konteks pribadi maupun profesional adalah meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pengelolaan keuangan daerah. Perguruan tinggi dapat menawarkan kursus yang berfokus pada cara membuat laporan keuangan daerah yang lebih efektif dan kontemporer. Siswa dapat lebih memahami pentingnya mengelola keuangan daerah jika mereka memiliki pengetahuan keuangan yang baik. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mempertahankan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Pattimura, mengajarkan siswa SMK Jeljakaka Dobo tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan membangun hubungan kerja yang baik antara PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru dan SMK Jeljakaka Kabupaten Kepulauan Aru, serta semua faktor lain yang dapat mempengaruhi kemajuan PSDKU Universitas Pattimura di masa depan. Metode pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada siswa SMK Jeljakaka berjumlah 30 orang. Kegiatan PKM ini telah berhasil menciptakan dampak yang signifikan dalam meningkatkan literasi keuangan siswa SMK Jeljakaka. Melalui kolaborasi yang erat antara lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan masyarakat, program ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis kepada siswa mengenai pengelolaan keuangan daerah, tetapi juga mengubah sikap mereka terhadap tanggung jawab sosial dan partisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hafiz Tanjung. (2014). Akuntansi Pemerintahan Daerah Berbasis Akrual. Bandung: Alfabeta.

Afandi, I. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Laporan Keuangan Di SMA Negeri 1 Tanjung Batu Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi FKIP Universitas Sriwijaya Inderalaya.

Baldric Siregar. (2017). Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Halim, Abdul. (2002). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mahmudi. (2007). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Pasamba, E. M. (2023). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan melalui pemanfaatan barang bekas di SD Kristen Wangel. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14-20.

Rahmi Syifa Alifa. (2017). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Universitas Pasundan Bandung.

Siska Yulia Defitri. (2017). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualiatas laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Rafika Aditma.

Undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Daerah.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2005 tentang Pengertian Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

Published

30-06-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Kesaulya, C., Lawalata, M. S., Kalorbobir, Y. M., & Pasamba, E. M. (2024). Peningkatan Kecerdasan Siswa melalui Pengenalan Pengelolaan Keuangan Daerah di SMK Jeljakaka. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 114–120. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.245

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)