Impelementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar di SMA Sejahtera Prigen

Authors

  • Antlata Digi Maulana Syah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Inneke Amirta Agus Lailia Universitas Yudharta Pasuruan
  • Amalia Novianti Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nur Erina Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Anang Sholikhudin Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.26

Keywords:

Implementasi Program, MBKM, Asistensi Mengajar

Abstract

Kehadiran merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) memunculkan paradigma baru dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan tinggi. Kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 dengan konsep MBKM dianggap relevan dan tepat dilaksanakan di era demokrasi saat ini.Tujuan adanya program MBKM di SMA Sejahtera yakni untuk memperkenalkan program kampus merdeka melalui implementasinya oleh mahasiswa asistensi mengajar. Metodologi pelaksanaan MBKM Asistensi Mengajar yang dilaksanakan mahasiswa di SMA Sejahtera Prigen adalah pendekatan participatory Action Research (PAR). SMA Sejahtera Prigen memiliki potensi pengembangan pembelajaran, baik dari segi akademik maupun non akademiknya. Hal inilah yang menjadi peluang yang dapat dilaksanakan mahasiswa untuk mengembangkan implementasi program MBKM asistensi mengajar di SMA Sejahtera Prigen. Implementasi hasil pengabdian yang dilaksanakan diantaranya yakni: mengajar, melakukan pengelolaan administrasi yang ada di sekolah, mengikuti serangkaian kegiatan yang di adakan oleh sekolah, secara keseluruhan kegiatan Asistensi Mengajar berjalan dengan baik mulai dari kegiatan akademik seperti mengajar, membuat perangkat pembelajaran, konsultasi materi dengan guru pamong, serta kegiatan akademik lainnya, untuk kegiatan non akademik juga berjalan dengan baik, seperti pengembangan kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah, Event yang diselenggarakan sekolah.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswita, Dian, (2021), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBMKM): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional Biotik, Vol: 09, No: 02. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/11747/6242.

Dirjen Dikti Kemendikbud, (2020), Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Marjan Fuadi, Tuti, (2021), Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya Dalam Pembelajaran Biologi, Prosiding Seminar Nasional Biotik, Vol: 09, No: 02. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/11594/6184.

Marjan Fuadi, Tuti, (2021), Hubungan Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pemerintah Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unaya, Vol: 04, No: 01. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya.

Mulyana, Wahyudin, Yudi, Lesmana, Dudi, Muarif, Sri Mumpuni, Fia, Rini Farastuti, Eko, 2022, Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Bidang Studi Akuakultur, Edukatif, Vol: 04, No: 01. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2182/pdf.

Nanggala, Agil, Karim, Suryadi, (2020), Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Global Citizen, Vol: 09, No: 02. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/4545.

Rahmat, Abdul, Mirnawati, Mira, (2020), Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol: 06, No: 01. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.

Sopiansyah Deni, Masruroh, Siti, Yuliati, Zaqiah Qiqi, Erihadiana, Mohamad, (2022), Konsep Dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol: 04, No: 01. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte.

Wahyuni, Lilik, Sugeng, Riyanto, (2022), Model Sekolah Adiwiyata Melalui Program Asistensi Mengajar Berbasis Pembelajaran Experiential, Jurnal Paedagogy, Vol: 09, No: 04. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/5673/3739.

Wijayanto, A. (2021), Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar, (Tulungagung: Akademia Pustaka). https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6.

Published

01-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Syah, A. D. M., Lailia, I. A. A., Novianti, A., Erina, N., & Sholikhudin, M. A. (2023). Impelementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar di SMA Sejahtera Prigen. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.26

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.