Pengembangan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SDN Ujungmanik 05 Kawunganten Cilacap Implementasi Program Kampus Mengajar

Authors

  • Dian Bagus Mitreka Satata Universitas Muhammadiyah Purwokerto https://orcid.org/0000-0002-0444-7593
  • Ghonia Hidayati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Farren Miliana Aziza Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Malica Tri Anggraeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nandita Prastika Apriyani IKIP PGRI Wates

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.294

Keywords:

Literasi, Numerasi, Kampus mengajar, Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Perlunya pengembangan SDM pada pendidikan dasar menjadi pondasi dalam meningkatkan kematangan peserta didik tidak hanya secara akademis saja namun juga secara sosioemosionalnya. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut berbagai perubahan sehingga SDM harus dapat seimbang dengan terjadinya perubahan secara global dan masiv saat ini sejak dini. Kegiatan dilaksanakan melalui metode Participatory Rural Apraisal (PRA) melalui berbagai tahapan seperti pra penugasan, tahap penugasan, dan tahap akhir penugasan. Implementasi program kegiatan antara lain pembuatan majalah dinding (mading) yang rutin, bermain tebak kata, bermain hitungan sederhana, dan menampilkan sejarah agar terbuka informasi bagi siswa. Hasil dari kegiatan yang berlangsung selama satu semester siswa SDN Ujungmanik 05 Kawunganten siswa mengalami peningkatan belajar dan perubahan pola belajar yang lebih baik daripada sebelum diadakan program kampus mengajar angkatan 5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Adel Wiliah, Nia Rahmawati. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Remaja Rosdakarya.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hadiyati, Fatkhurahman, & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi tenaga Pendidik di SMPN 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128

Isnaeni, H., Asrowi & Purwaningrum, R. (2021). Pengembangan Panduan Achievement Motivation Training untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 5(2), 112-117.

Kemendikbud. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Marwansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Santika, L., Toharudin, M., & Mua’mar. (2022). Implementasi Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 251-261 https://doi.org/10.5281/zenodo.7134300

Solahudin, D., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1404–1407. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465

Published

02-12-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Satata, D. B. M., Hidayati, G., Aziza, F. M., Anggraeni, M. T., & Apriyani, N. P. (2024). Pengembangan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SDN Ujungmanik 05 Kawunganten Cilacap Implementasi Program Kampus Mengajar. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 137–144. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.294

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.