Pengembangan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SDN Ujungmanik 05 Kawunganten Cilacap Implementasi Program Kampus Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.294Keywords:
Literasi, Numerasi, Kampus mengajar, Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Perlunya pengembangan SDM pada pendidikan dasar menjadi pondasi dalam meningkatkan kematangan peserta didik tidak hanya secara akademis saja namun juga secara sosioemosionalnya. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut berbagai perubahan sehingga SDM harus dapat seimbang dengan terjadinya perubahan secara global dan masiv saat ini sejak dini. Kegiatan dilaksanakan melalui metode Participatory Rural Apraisal (PRA) melalui berbagai tahapan seperti pra penugasan, tahap penugasan, dan tahap akhir penugasan. Implementasi program kegiatan antara lain pembuatan majalah dinding (mading) yang rutin, bermain tebak kata, bermain hitungan sederhana, dan menampilkan sejarah agar terbuka informasi bagi siswa. Hasil dari kegiatan yang berlangsung selama satu semester siswa SDN Ujungmanik 05 Kawunganten siswa mengalami peningkatan belajar dan perubahan pola belajar yang lebih baik daripada sebelum diadakan program kampus mengajar angkatan 5.
Downloads
References
Annisa, Adel Wiliah, Nia Rahmawati. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 35-48.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Remaja Rosdakarya.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hadiyati, Fatkhurahman, & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi tenaga Pendidik di SMPN 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128
Isnaeni, H., Asrowi & Purwaningrum, R. (2021). Pengembangan Panduan Achievement Motivation Training untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 5(2), 112-117.
Kemendikbud. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marwansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Santika, L., Toharudin, M., & Mua’mar. (2022). Implementasi Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 251-261 https://doi.org/10.5281/zenodo.7134300
Solahudin, D., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1404–1407. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Bagus Mitreka Satata, Ghonia Hidayati, Farren Miliana Aziza, Malica Tri Anggraeni, Nandita Prastika Apriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





