Optimalisasi Pencatatan Keuangan Sederhana dan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Rumah Laundry

Authors

  • Vindi Ika Indriyani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Tutut Dewi Astuti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.309

Keywords:

Optimalisasi, Pencatatan Keuangan, Pemasaran Digital, Daya Saing, UMKM

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan yang komprehensif mengenai pembukuan sederhana dan pemasaran digital kepada pelaku UMKM Rumah Laundry. Melalui observasi tempat dan wawancara yang dilakukan, pengabdi menemukan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UMKM Rumah Laundry adalah kurangnya pengetahuan dalam pembuatan laporan keuangan serta strategi pemasaran digital yang efektif. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM, sehingga mereka dapat memanfaatkan potensi yang ada dengan lebih optimal sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan yang berfokus pada dua aspek utama yaitu pembuatan pembukuan sederhana dan pemasaran online. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaku UMKM berhasil membuat pembukuan sederhana dan dapat mengidentifikasi situasi keuangan aktual usaha mereka, (2) Pemilik mampu memahami pentingnya pencatatan dan pembuatan laporan keuangan yang sistematis, (3) Setelah mengikuti pelatihan, pemilik dapat menerapkan pembukuan untuk mengetahui laba rugi bulanan serta merencanakan strategi keuangan untuk periode berikutnya dengan lebih baik, (4) Terdapat peningkatan pemahaman tentang konsep pemasaran online yang dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan, (5) Pelatihan ini juga membekali pemilik UMKM dengan keterampilan menggunakan platform digital untuk meningkatkan promosi usaha mereka secara lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878

Bakrie, R. R., Atikah Suri, S., Nabila, Sahara, A., H Pratama, V., & Firmansyah. (2024). Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 82–88. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.308

Fauzi, A. K., Wardah, S., Prathama, B. D., Mimbar, L., Hadi, K., Arsana, I. N., Astini, Y., Hidayanti, A., Hadi, M. R., Tinggi, S., Ekonomi, I., Perbankan, K., Ilmu, T., Amm, E., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2023). Sosialisasi Dan Pendampingan Digital Marketing Dan Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Umkm Socialization And Assistance of Digital Marketing And Financial Management In Improving Umkm Performance Abstrak PENDAHULUAN Menjamurnya bisnis usaha r. 3(3), 199–210.

Kassa, S., Fitria, D., Damayanty, P., Setiawan, I., Mayasari, M., & Djunaidy, D. (2022). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Di Desa Kutasirna Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.346

Katili, A. Y., & Gintulangi, S. O. (2022). Sosialisasi Teknik Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 864–869. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1491

Rohmayanti, R., Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., Pitaloka, D. A., Yasmin, S., & Febriyani, P. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 432–439. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.393

Sulaymah, V., & Astuti, T. D. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Kepada UMKM di Dusun Karang Tengah Kalurahan Nogotirto PENDAHULUAN Usaha Mikro atau kecil , dan menengah ( UMKM ) adalah kelompok usaha yang memiliki persentase serta kontribusi yang besar. 1, 185–193.

Tiara Febry Adviola, Nico Akbar Priyambudi, Annisa Aprilia Husnul Khotimah, Danurwenda Permana Erlushandy, & Gideon Setyo Budiwitjaksono. (2023). Sosialisasi Digital Marketing dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.388

Published

18-12-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Indriyani, V. I., & Astuti, T. D. (2024). Optimalisasi Pencatatan Keuangan Sederhana dan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Rumah Laundry. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 243–250. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.309

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.