Optimalisasi Pencatatan Keuangan Sederhana dan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Rumah Laundry
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.309Keywords:
Optimalisasi, Pencatatan Keuangan, Pemasaran Digital, Daya Saing, UMKMAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan yang komprehensif mengenai pembukuan sederhana dan pemasaran digital kepada pelaku UMKM Rumah Laundry. Melalui observasi tempat dan wawancara yang dilakukan, pengabdi menemukan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UMKM Rumah Laundry adalah kurangnya pengetahuan dalam pembuatan laporan keuangan serta strategi pemasaran digital yang efektif. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM, sehingga mereka dapat memanfaatkan potensi yang ada dengan lebih optimal sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin pesat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan yang berfokus pada dua aspek utama yaitu pembuatan pembukuan sederhana dan pemasaran online. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaku UMKM berhasil membuat pembukuan sederhana dan dapat mengidentifikasi situasi keuangan aktual usaha mereka, (2) Pemilik mampu memahami pentingnya pencatatan dan pembuatan laporan keuangan yang sistematis, (3) Setelah mengikuti pelatihan, pemilik dapat menerapkan pembukuan untuk mengetahui laba rugi bulanan serta merencanakan strategi keuangan untuk periode berikutnya dengan lebih baik, (4) Terdapat peningkatan pemahaman tentang konsep pemasaran online yang dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan, (5) Pelatihan ini juga membekali pemilik UMKM dengan keterampilan menggunakan platform digital untuk meningkatkan promosi usaha mereka secara lebih efektif.
Downloads
References
Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Bakrie, R. R., Atikah Suri, S., Nabila, Sahara, A., H Pratama, V., & Firmansyah. (2024). Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 82–88. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.308
Fauzi, A. K., Wardah, S., Prathama, B. D., Mimbar, L., Hadi, K., Arsana, I. N., Astini, Y., Hidayanti, A., Hadi, M. R., Tinggi, S., Ekonomi, I., Perbankan, K., Ilmu, T., Amm, E., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2023). Sosialisasi Dan Pendampingan Digital Marketing Dan Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Umkm Socialization And Assistance of Digital Marketing And Financial Management In Improving Umkm Performance Abstrak PENDAHULUAN Menjamurnya bisnis usaha r. 3(3), 199–210.
Kassa, S., Fitria, D., Damayanty, P., Setiawan, I., Mayasari, M., & Djunaidy, D. (2022). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Di Desa Kutasirna Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.346
Katili, A. Y., & Gintulangi, S. O. (2022). Sosialisasi Teknik Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 864–869. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1491
Rohmayanti, R., Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., Pitaloka, D. A., Yasmin, S., & Febriyani, P. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 432–439. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.393
Sulaymah, V., & Astuti, T. D. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Kepada UMKM di Dusun Karang Tengah Kalurahan Nogotirto PENDAHULUAN Usaha Mikro atau kecil , dan menengah ( UMKM ) adalah kelompok usaha yang memiliki persentase serta kontribusi yang besar. 1, 185–193.
Tiara Febry Adviola, Nico Akbar Priyambudi, Annisa Aprilia Husnul Khotimah, Danurwenda Permana Erlushandy, & Gideon Setyo Budiwitjaksono. (2023). Sosialisasi Digital Marketing dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.388
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vindi Ika Indriyani, Tutut Dewi Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.