Pelatihan Kepemimpinan Kreatif untuk Siswa SMP St. Angela Atambua: Mencetak Gen Z Creative Leaders
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.323Keywords:
Kepemimpinan, Generasi Z, Keterampilan Sosial, KolaborasiAbstract
Kegiatan pengbadian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan karakter siswa SMP Santa Angela Atambua melalui pengalaman belajar yang komprehensif dan berbasis pada keterlibatan aktif. Program ini dilaksanakan selama lima hari, dengan fokus pada pengembangan keterampilan mandiri, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan ini mencakup berbagai materi, termasuk pengembangan keterampilan presentasi, problem solving, public speaking, serta wawasan nusantara. Selain itu, kegiatan ini melibatkan games simulasi dan latihan baris berbaris untuk memperkuat kerja sama tim dan disiplin.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80% siswa mengalami peningkatan keterampilan public speaking, dan 75% siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan kerja sama tim. Dosen Universitas San Pedro berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, menyediakan wawasan teoretis dan praktis tentang kepemimpinan melalui pendekatan aplikatif dan interaktif. Siswa menunjukkan respons positif dengan terlibat aktif dalam setiap fase kegiatan, mengembangkan keterampilan praktis, serta membangun karakter kepemimpinan yang bertanggung jawab, beretika, dan berkomitmen terhadap kebaikan bersama. Program ini berhasil memperkuat kemampuan kepemimpinan siswa, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan karakter siswa di masa depan, serta menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap budaya Indonesia dan nilai-nilai sosial yang mendalam.
Downloads
References
Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Bass, B.M., & Bass, R. (2008). The Bass Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications (4th ed.). Free Press.
Bolman, L.G., & Deal, T.E. (2017). Reframing Organizations: Artistry, Choice, and Leadership (6th ed.). Wiley.
Bryk, A.S., Sebring, P.B., Allensworth, E., Luppescu, S., & Easton, J.Q. (2010). Organizing Schools for Improvement: Lessons from Chicago. University of Chicago Press.
Elmore, R.F. (2004). School Reform from the Inside Out: Policy, Practice, and Performance. Harvard Education Press.
Gardner, H. (2012). Five Minds for the Future. Harvard Business Press.
Jones, J. (2017). The Role of Education in Character Development and Leadership Skills. Educational Leadership Journal, 28(3), 45-58.
Kouzes, J.M., & Posner, B.Z. (2017). The Leadership Challenge (6th ed.). Wiley.
Nay, F. A., Lalang, A. R., & Fallo, S. I. (2023). ASPEK ETNOMATEMATIKA PADA PEMBAGIAN DAGING PAUS OLEH MASYARAKAT LAMALERA LEMBATA. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 123-130.
Northouse, P.G. (2018). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Sage Publications.
Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson.
Robinson, K. (2015). Creative Schools: The Grassroots Revolution That's Transforming Education. Viking.
Stiggins, R.J. (2005). Student-Involved Assessment for Learning. Pearson Education.
Talan, R., Nabu, D., & Nay, F. A. (2024). TINJAUAN TENTANG PENGELOLAAN FASILITAS KOLAM RENANG OELUAN KECAMATAN NOEMUTI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13898-13905.
Twenge, J.M. (2017). iGen: Why Today’s Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy—and Completely Unprepared for Adulthood—and What That Means for the Rest of Us. Atria Books.
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson Education.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alexius Andiwatir, Florianus Aloysius Nay, Rudobertus Talan, Sefri Imanuel Fallo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.