Pelatihan Kepemimpinan Kreatif untuk Siswa SMP St. Angela Atambua: Mencetak Gen Z Creative Leaders

Authors

  • Alexius Andiwatir Universitas San Pedro
  • Florianus Aloysius Nay Universitas San Pedro
  • Rudobertus Talan Universitas San Pedro
  • Sefri Imanuel Fallo Universitas San Pedro https://orcid.org/0009-0005-7849-0139

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.323

Keywords:

Kepemimpinan, Generasi Z, Keterampilan Sosial, Kolaborasi

Abstract

Kegiatan pengbadian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan karakter siswa SMP Santa Angela Atambua melalui pengalaman belajar yang komprehensif dan berbasis pada keterlibatan aktif. Program ini dilaksanakan selama lima hari, dengan fokus pada pengembangan keterampilan mandiri, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan ini mencakup berbagai materi, termasuk pengembangan keterampilan presentasi, problem solving, public speaking, serta wawasan nusantara. Selain itu, kegiatan ini melibatkan games simulasi dan latihan baris berbaris untuk memperkuat kerja sama tim dan disiplin.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80% siswa mengalami peningkatan keterampilan public speaking, dan 75% siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan kerja sama tim. Dosen Universitas San Pedro berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, menyediakan wawasan teoretis dan praktis tentang kepemimpinan melalui pendekatan aplikatif dan interaktif. Siswa menunjukkan respons positif dengan terlibat aktif dalam setiap fase kegiatan, mengembangkan keterampilan praktis, serta membangun karakter kepemimpinan yang bertanggung jawab, beretika, dan berkomitmen terhadap kebaikan bersama. Program ini berhasil memperkuat kemampuan kepemimpinan siswa, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan karakter siswa di masa depan, serta menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap budaya Indonesia dan nilai-nilai sosial yang mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alexius Andiwatir, Universitas San Pedro

Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Florianus Aloysius Nay, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Rudobertus Talan, Universitas San Pedro

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sefri Imanuel Fallo, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Bass, B.M., & Bass, R. (2008). The Bass Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications (4th ed.). Free Press.

Bolman, L.G., & Deal, T.E. (2017). Reframing Organizations: Artistry, Choice, and Leadership (6th ed.). Wiley.

Bryk, A.S., Sebring, P.B., Allensworth, E., Luppescu, S., & Easton, J.Q. (2010). Organizing Schools for Improvement: Lessons from Chicago. University of Chicago Press.

Elmore, R.F. (2004). School Reform from the Inside Out: Policy, Practice, and Performance. Harvard Education Press.

Gardner, H. (2012). Five Minds for the Future. Harvard Business Press.

Jones, J. (2017). The Role of Education in Character Development and Leadership Skills. Educational Leadership Journal, 28(3), 45-58.

Kouzes, J.M., & Posner, B.Z. (2017). The Leadership Challenge (6th ed.). Wiley.

Nay, F. A., Lalang, A. R., & Fallo, S. I. (2023). ASPEK ETNOMATEMATIKA PADA PEMBAGIAN DAGING PAUS OLEH MASYARAKAT LAMALERA LEMBATA. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 123-130.

Northouse, P.G. (2018). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Sage Publications.

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson.

Robinson, K. (2015). Creative Schools: The Grassroots Revolution That's Transforming Education. Viking.

Stiggins, R.J. (2005). Student-Involved Assessment for Learning. Pearson Education.

Talan, R., Nabu, D., & Nay, F. A. (2024). TINJAUAN TENTANG PENGELOLAAN FASILITAS KOLAM RENANG OELUAN KECAMATAN NOEMUTI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13898-13905.

Twenge, J.M. (2017). iGen: Why Today’s Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy—and Completely Unprepared for Adulthood—and What That Means for the Rest of Us. Atria Books.

Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations (8th ed.). Pearson Education.

Published

22-12-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Andiwatir, A., Nay, F. A., Talan, R., & Fallo, S. I. (2024). Pelatihan Kepemimpinan Kreatif untuk Siswa SMP St. Angela Atambua: Mencetak Gen Z Creative Leaders. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 280–286. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.323

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)