Pemberdayaan Komunitas Belajar 'Setitik Cahaya Genz' Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

Authors

  • Rince Sefriana Margarita Benu Universitas San Pedro
  • Osniman Paulina Maure Universitas San Pedro
  • Timoteus Ajito Universitas San Pedro
  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro
  • Oded Liunokas Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.393

Keywords:

Konsep Matematika, Kartu Bilangan, Komunitas Belajar

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika  melalui media kartu bilangan bagi anak-anak SD pada komunitas belajar “Setitik Cahaya Genz”. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini akan diterapkan serangkaian proses kegiatan yang sudah terstruktur dan ditata secara sistematis, yakni 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan  dan 3). Evaluasi. Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah anak-anak SD yang berada pada jenjang kelas I-III dengan jumlah 15 orang. Melalui pendekatan partisipatif, tim peneliti dan relawan mengembangkan dan menerapkan media kartu bilangan dalam proses pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilakukan selama 4 kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika, khususnya dalam operasi bilangan cacah seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest meningkat setelah dilaksakan posttest yaitu 51,9 meningkat menjadi 86,6. Selama proses pelaksanaan PKM siswa terlihat sangat berantusias dan termotivasi untuk mempelajari materi operasi bilangan cacah karena adanya media kartu bilangan yang menarik dengan beragam warna dan bentuk. Para pendidik dapat memanfaatkan berbagai media kartu bilangan dalam pembelajaran untuk mengajarkan konsep-konsep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiguzel, T., Kaya, M. H., & Cansu, F. K. (2023). Revolutionizing education with AI: Exploring the transformative potential of ChatGPT. Contemporary Educational Technology, 15(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/13152

Capello, R., Lenzi, C., & Panzera, E. (2023). The rise of the digital service economy in European regions. Industry and Innovation, 30(6), 637–663. https://doi.org/10.1080/13662716.2022.2082924

Cumming, D., Johan, S., Khan, Z., & Meyer, M. (2023). E-Commerce Policy and International Business. Management International Review, 63(1), 3–25. https://doi.org/10.1007/s11575-022-00489-8

Dovleac, L., Chițu, I. B., Nichifor, E., & Brătucu, G. (2023). Shaping the Inclusivity in the New Society by Enhancing the Digitainability of Sustainable Development Goals with Education. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/10.3390/su15043782

Isac, C., Iordache, A. M. M., Baltador, L., Coculescu, C., & Niță, D. (2023). Enhancing Students’ Entrepreneurial Competencies through Extracurricular Activities—A Pragmatic Approach to Sustainability-Oriented Higher Education. Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118708

Latif, A., Apriani, E., Hidayah, Z. Z., Wiyarno, W., & Isarianto, I. (2023). Penguatan Manajemen Keuangan Dan Media Sosial Pada Karang Taruna Desa Wangun Harja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1221–1230.

Xia, G., Yu, Z., & Peng, X. (2023). How Does Enterprise Digital Transformation Affect Total Factor Productivity? Based on the Information Intermediary Role of Analysts’ Attention. Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118601

Yulaini, E., Pramika, D., Hodsay, Z., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Permatasari, N., & Suryani, I. (2022). Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 151. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7806

Published

24-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Benu, R. S. M., Maure, O. P., Ajito, T., Jenahut, K. S., & Liunokas, O. (2025). Pemberdayaan Komunitas Belajar ’Setitik Cahaya Genz’ Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 137–142. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.393

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.