Pemberdayaan Komunitas Belajar 'Setitik Cahaya Genz' Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.393Keywords:
Konsep Matematika, Kartu Bilangan, Komunitas BelajarAbstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui media kartu bilangan bagi anak-anak SD pada komunitas belajar “Setitik Cahaya Genz”. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini akan diterapkan serangkaian proses kegiatan yang sudah terstruktur dan ditata secara sistematis, yakni 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan dan 3). Evaluasi. Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah anak-anak SD yang berada pada jenjang kelas I-III dengan jumlah 15 orang. Melalui pendekatan partisipatif, tim peneliti dan relawan mengembangkan dan menerapkan media kartu bilangan dalam proses pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilakukan selama 4 kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika, khususnya dalam operasi bilangan cacah seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest meningkat setelah dilaksakan posttest yaitu 51,9 meningkat menjadi 86,6. Selama proses pelaksanaan PKM siswa terlihat sangat berantusias dan termotivasi untuk mempelajari materi operasi bilangan cacah karena adanya media kartu bilangan yang menarik dengan beragam warna dan bentuk. Para pendidik dapat memanfaatkan berbagai media kartu bilangan dalam pembelajaran untuk mengajarkan konsep-konsep matematika.
Downloads
References
Adiguzel, T., Kaya, M. H., & Cansu, F. K. (2023). Revolutionizing education with AI: Exploring the transformative potential of ChatGPT. Contemporary Educational Technology, 15(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/13152
Capello, R., Lenzi, C., & Panzera, E. (2023). The rise of the digital service economy in European regions. Industry and Innovation, 30(6), 637–663. https://doi.org/10.1080/13662716.2022.2082924
Cumming, D., Johan, S., Khan, Z., & Meyer, M. (2023). E-Commerce Policy and International Business. Management International Review, 63(1), 3–25. https://doi.org/10.1007/s11575-022-00489-8
Dovleac, L., Chițu, I. B., Nichifor, E., & Brătucu, G. (2023). Shaping the Inclusivity in the New Society by Enhancing the Digitainability of Sustainable Development Goals with Education. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/10.3390/su15043782
Isac, C., Iordache, A. M. M., Baltador, L., Coculescu, C., & Niță, D. (2023). Enhancing Students’ Entrepreneurial Competencies through Extracurricular Activities—A Pragmatic Approach to Sustainability-Oriented Higher Education. Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118708
Latif, A., Apriani, E., Hidayah, Z. Z., Wiyarno, W., & Isarianto, I. (2023). Penguatan Manajemen Keuangan Dan Media Sosial Pada Karang Taruna Desa Wangun Harja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1221–1230.
Xia, G., Yu, Z., & Peng, X. (2023). How Does Enterprise Digital Transformation Affect Total Factor Productivity? Based on the Information Intermediary Role of Analysts’ Attention. Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118601
Yulaini, E., Pramika, D., Hodsay, Z., Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Permatasari, N., & Suryani, I. (2022). Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 151. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7806
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rince Sefriana Margarita Benu, Osniman Paulina Maure, Timoteus Ajito, Konradus Silvester Jenahut, Oded Liunokas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.