Pengembangan Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi di UPTD SDN Oetona
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.303Keywords:
Kemampuan Numerasi, Kompetensi Guru, Metode PembelajaranAbstract
Berdasarkan hasil observasi, tingkat kemampuan numerasi siswa Sekolah Dasar (SD) cenderung masih rendah. Untuk itu diperlukan upaya penguatan numerasi yang dapat diwujudkan melalui kerjasama antar semua elemen pembelajaran salah satunya guru. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan kompetensi guru tentang metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa SD di UPTD SDN Oetona. Dalam kegiatan bimbingan teknis ini diterapkan metode direct interactive sehingga para pendidik sebagai peserta kegiatan terlibat aktif dalam diskusi dan memberikan reaksi terhadap pengetahuan, gagasan, pengalaman, serta mencoba untuk memecahkan masalah. Temuan dalam kegiatan ini berupa kesulitan-kesulitan guru diantaranya memahami soal-soal literasi dan penggunaan strategi, metode dan teori belajar seperti apa yang cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bimbingan yang diberikan diantaranya AKM pada kurikulum merdeka, kompetensi literasi matematika, pembelajaran matematika sekolah dasar, metode dan teori belajar serta implementasinya dalam meningkatkan numerasi siswa Kegiatan yang dilakukan dapat dikatakan berhasil karena terjadi peningkatan pemahaman para peserta mencapai rata-rata 38,5% dari pemahaman sebelumnya.
Downloads
References
Abdussakir, A. (2010). Pengembangan materi matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) berbasis al-Qur’an.
Anjarsari, D. (2023). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Taksonomi Solo (The Structure Observed Learning Outcomes) pada Level Rendah terhadap Siswa Kelas VIII SMPN Satap Salarri. UNIVERSITAS SULAWESI BARAT.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Candrawati, W. (2016). Kompetensi Guru SD dalam Penerapan Metode Pembelajaran Di SD Negeri Pacar Sewon Bantul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(5), 97–108.
Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.
Ekawati, R., Firdaus, & Wahyuni, Y. S. (2022). The Importance of Numberation Literacy in Daily Life With RRI Radio. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52.
Husna, E. N., Rezani, R. M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 704–707.
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Reflina, R. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaian Soal Programme for International Student Assessment (PISA). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 11–20.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal konteks sosial budaya pada topik geometri jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548–1562.
Roebyanto, G. (2014). Geometri pengukuran dan statistik. PENERBIT GUNUNG SAMUDERA (GRUP PENERBIT PT BOOK MART INDONESIA).
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124.
Sari, B. P., & Liunokas, O. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Sekota Kupang: Kajian Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 5(1), 984–993.
Simamora, M. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Madya Utama Tahun Ajaran 2024/2025.
Sunarsih, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Melalui Workshop Multi Metode. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 17–22.
Ulfa, E. M., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355.
Waluyo, R., Kusuma, R. L., & Zamora, H. P. (2024). Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Numerasi Peserta Didik SMP N 1 Kertanegara. 4, 9–15.
Wardhani, S. (2010). Teknik pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andrian Runtius Lalang, Sumardi W. Ndolu, Beatrix Purnama Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





