Pengenalan Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif melalui Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pusat Pengembangan Anak IO-664 Eben Haezer Mauhau

Authors

  • Melycorianda Hubi Ndapamuri Universitas Kristen Wira Wacana Sumba https://orcid.org/0000-0001-9314-2662
  • Audrey Loiuise Makatita Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Amelia Florida Kiha Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Trisari Dewi N. B. Mira Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Arini Aha Pekuwali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Ferdinan Yonathan Djara Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yustina Rada Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Suryaningsih Ndahawali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Uska Peku Jawang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.411

Keywords:

Media Pembelajaran Android, Anak-Anak, Perkembangan Tumbuhan, PPA Eben Haezer Mauhau

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk pengenalan  konsep dasar perkembangbiakan tumbuhan kepada anak-anak binaan di Pusat Pengembangan Anak (PPA) IO-664 Eben Haezer Mauhau melalui media pembelajaran berbasis Android yang interaktif dan menyenangkan. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran menjadi pendekatan yang relevan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap materi sains dasar, khususnya biologi tumbuhan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi awal, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android, serta pelatihan dan pendampingan kepada anak-anak dalam penggunaannya. Proses evaluasi pun dilakukan dengan menggunakan pretest manual dan dibandingkan posttest setelah belajar melalui Android. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman anak terhadap jenis dan cara perkembangbiakan tumbuhan serta meningkatnya minat belajar melalui media digital. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pengajaran kontekstual yang dapat direplikasi di pusat-pusat pendidikan anak lainnya, khususnya di daerah terpencil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, S., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Informatika Upgris, 6(2), 2–7. https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6471

Autis, A., Di, R., Luar, S., Slb, B., Bunda, A., Efriyanti, L., Okra, R., & Musril, H. A. (2022). IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 2(3), 1029–1039.

Hasanah, R.M., Supriadi, D., & Raini, Y. (2022) Penggunaan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Sekolah Dasar. Prossing Teknologi Pendidikan, 2(1), 72-75.

Mokoagow, F. M., Hadjaratie, L., & Dai, R. H. (2021). Penerapan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Inverted: Journal Of Information Technology Education, 1(1), 40-50.

Nurkhozainillah, S. & Nurzaelani, M.M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 61-72.

No, V., Anshori, I. F., Kaffah, S. A., Supa, N., & Setiawan, R. (2022). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Menggunakan Construct 2 Pemrograman Komputer Untuk Anak-Anak Akhir – Akhir Ini Telah Menjadi Semakin Populer . Orang Tua Sangat Terpikat Dengan Gagasan Bahwa Anak- Anak Mereka Belajar Koding , Dengan . 5(2), 275–286.

Olvera N., M. A., Martinez P., C. A., Galvan C., R., & Chavez S., C. (1988). The Use Of Seed Of The Leguminous Plant Sesbania Grandiflora As A Partial Replacement For Fish Meal In Diets For Tilapia (Oreochromis Mossambicus). Aquaculture, 71(1–2), 51–60. Https://Doi.Org/10.1016/0044-8486(88)90272-4

Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2020). Potensi Game Edukasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 853–860.

Renaldy, A. (2018). Pengembangan Media Game Edukatif Astrodent Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Tata Surya Kelas Iv Sd. Surabaya : Unesa.

Via, F.P.A., & Mintohari, M. (2022). Pengembangan Media Game Edukatif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Metamorfosis Hewan Pada Siswa Kelas Iv Sd/Mi. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(9).

Zakir, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Berbasis Android Di Smk Elektronika Indonesia Bukittinggi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 153–157. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35371

Published

17-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Ndapamuri, M. H., Makatita, A. L., Kiha, A. F., Mira, T. D. N. B., Pekuwali, A. A., Djara, F. Y., … Jawang, U. P. (2025). Pengenalan Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif melalui Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pusat Pengembangan Anak IO-664 Eben Haezer Mauhau. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 107–112. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.411

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.