Peningkatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Koding dan Kecerdasan Buatan

Authors

  • Mu’jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Pujiati Dinas Pendidikan Tuban
  • Zenny Taufikurrizal UPT SDN Sugihwaras 2 Jenu
  • Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.514

Keywords:

Literasi Digital, Koding, Kecerdasan Buatan, Scratch

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru memiliki kompetensi literasi digital yang kuat, termasuk kemampuan berpikir komputasional dan pemahaman tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Namun, sebagian besar guru sekolah dasar masih memiliki kemampuan literasi digital yang rendah dan cenderung berperan sebagai pengguna pasif teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar melalui pelatihan koding menggunakan Scratch dan pengenalan konsep dasar AI. Pelatihan dilaksanakan di KKG Gugus Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, selama dua bulan (September–Oktober 2025) dengan melibatkan 27 guru SD. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif yang mencakup tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan implementasi, dan evaluasi. Instrumen evaluasi meliputi pre-test dan post-test pada tiga aspek: pengetahuan digital, kemampuan berpikir komputasional, dan pemahaman AI. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rata-rata literasi digital sebesar 52,5%, dengan rincian peningkatan pengetahuan dasar digital sebesar 41,9%, kemampuan berpikir komputasional sebesar 47,5%, dan pemahaman AI sebesar 68,2%. Pasca-pelatihan, 87% peserta berhasil mengintegrasikan media pembelajaran berbasis Scratch dan elemen AI sederhana ke dalam RPP. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru serta mendorong perubahan paradigma dari pengguna teknologi menjadi kreator pembelajaran digital yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Inesia, I., Ningrum, K. S., & Mumtazah, D. (2025). Pendampingan Literasi Digital pada Guru Sekolah Dasar. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 297–305. https://doi.org/10.30997/qh.v11i2.15572 DOI: https://doi.org/10.30997/qh.v11i2.15572

Anis, Y., Mukti, A. B., & Mulyani, S. (2023). Pelatihan Pemrograman Scratch bagi Guru-guru SD Islam Al Madina Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 6(2), 198–205.

Asfaraini, R. A., & Nuroh, E. Z. (2025). Analisis Keterampilan Literasi Digital Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7074–7087. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362

Asriyanik, Pambudi, A., & Uswatun, D. A. (2026). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan AI dan Literasi Digital. 5(5), 661–669. https://doi.org/10.59395/altifani.v5i5.829

Fadiana, M., Yulaikah, Y., & Kusumawati, D. (2021). The Development of Semiotic Based Contextual Mathematics Learning Videos to Support Learning from Home. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.372 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.372

Faridha, N., Adisiswanto, A. E., & Rahman, M. (2025). Inovasi media pembelajaran digital berbasis book creator untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar. 6(10), 842–852. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i3.23891 DOI: https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i3.23891

Festiyed, F., Mikhayla, M. E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Hansa, M., Tabina, C., Naylarega, F. E., Ramandani, S. N., Farda, A. V., Arib, M., & Setiawaty, R. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar melalui Penyusunan Bahan Ajar dan Asesmen Berbantuan AI. 7(2), 140–148. DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v7i2.15978

Luthfiyyah, R. Z., Nurhikmah, J., Luthfiyyah, R. Z., & Irsalina, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Scratch Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Salah Satu Sekolah Dasar Purwakarta. 3, 5722–5731.

Maria, E., Satria, B., Nurhuda, A., Junirianto, E., Ramadhani, S., Khamidah, I. M., Franz, A., Beze, H., Ramadhani, B., Andrea, R., Karim, S., Studi, P., Rekayasa, T., Lunak, P., Pertanian, P., Samarinda, N., & Artikel, I. (2025). Pelatihan Internet Of Things ( IOT ) Untuk Peningkatan Kompetensi Praktik Siswa Smk Bhakti LoA. 3, 195–200. DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.472

Marpaung, U. A. S., Nasution, I. S., & Saragih, M. A. T. S. (2025). Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(3), 3223–3228. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434

Mohammad, J. S., & Indra, R. J. (2025). Mengeksplorasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(1), 35–39. DOI: https://doi.org/10.63863/jce.v3i1.17

Nafiah, N., Ghufron, S., Mariati, P., & Ruliansyah, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch. Indonesia Berdaya, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.47679/ib.2023372 DOI: https://doi.org/10.47679/ib.2023372

Pratiwi, V., Nurketi, N., & Putri, F. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar. VYGOTSKY. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183 DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183

Puteri, S. N. (2024). Pemanfaatan Media Scratch Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SD. Js(Jurnal Sekolah) (2024) 8(3) 480, 8(3), 480–494. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v8i3.57912

Raudhan, M. N., Arinal, V., & Nugroho, A. P. (2025). JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 8, Nomor 3, Mei–Juni 2025. 8, 258–268.

Tayane, R. T., Marianingsih, S., Widodo, W., & Palumpun, Y. (2025). Pelatihan Literasi Digital Bagi Para Guru Sd Inpres 2 Arso 1 Kabupaten Keerom. Jurnal Abdimas Dinamis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.58839/jad.v6i1.1471 DOI: https://doi.org/10.58839/jad.v6i1.1471

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan.

Yuni, R., Kemala, P., Lubis, D., Afriadi, R., Pasaribu, G. N., Ekonomi, F., Medan, U. N., & Artikel, I. (2025). Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran. 3(2020), 177–181. DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.467

Published

17-12-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Fadiana, M., Pujiati, P., Taufikurrizal, Z., Warli, W., & Sulistyaningrum, H. (2025). Peningkatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Koding dan Kecerdasan Buatan. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 285–291. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.514

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.