Pendampingan Kader Posyandu dalam Pemantauan Praktik MP-ASI Usia 6–23 Bulan di Puskesmas Bandar Agung, Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.459Keywords:
MP-ASI, Kader Posyandu, Pendampingan, Edukasi Gizi, INEY 2025Abstract
Kader Posyandu memiliki peran strategis dalam pemantauan tumbuh kembang anak dan edukasi praktik pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang sesuai standar. Namun, sebagian kader masih memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan pemantauan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu melalui pendampingan dalam praktik pemantauan MP-ASI di wilayah kerja Puskesmas Bandar Agung, Lampung Tengah, sebagai bagian dari Program Investing in Nutrition and Early Years (INEY) 2025. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (1) edukasi dan simulasi prinsip pemberian MP-ASI serta teknik pemantauan, dan (2) pendampingan langsung pada kegiatan Posyandu oleh tim dosen Poltekkes Tanjungkarang. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman kader terhadap prinsip pemberian MP-ASI, pencatatan data, serta keterampilan komunikasi edukatif kepada ibu balita. Evaluasi kualitatif menunjukkan respons positif dan peningkatan kepercayaan diri kader dalam menerapkan praktik pemantauan yang sesuai standar. Kegiatan ini mendukung pencapaian tujuan INEY 2025 dalam peningkatan kualitas pelayanan gizi berbasis masyarakat. Disarankan agar pendampingan dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan sistem monitoring dan metode pelatihan yang adaptif terhadap kebutuhan kader di lapangan.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.
Damsar, & Indrayani. (2021). Sosiologi pendidikan: Pendekatan pemberdayaan masyarakat. Prenada Media.
Geniets, A., O’Donovan, J., Hakimi, L., & Winters, N. (2021). Training for community health: Bridging the global health care gap. Oxford University Press. DOI: https://doi.org/10.1093/oso/9780198866244.001.0001
Investing in Nutrition and Early Years (INEY). (2021). Indonesia Nutrition Early Years Program – Phase II: Implementation framework and strategy. World Bank Group. https://documents.worldbank.org/en/publication/documents-reports/documentdetail
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman pemberian makanan bayi dan anak di masa normal baru COVID-19. Direktorat Gizi Masyarakat. https://gizi.kemkes.go.id
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Strategi nasional percepatan penurunan stunting Indonesia 2021–2024. Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia. https://stunting.go.id/wp-content/uploads/2020/08/Stranas_Percepatan_Pencegahan_Anak_Kerdil.pdf
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Laverack, G. (2017). Health promotion practice: Power and empowerment (2nd ed.). Palgrave Macmillan.
Noordiati, N. (2020). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Melalui Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kereng Bangkirai Kecamatan Sebangau Palangka Raya: Capacity Building for Posyandu Cadres through Training on Monitoring Growth and Development of Toddlers in the Working Area of Puskesmas Kereng Bangkirai, Sebangau District, Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 328–335. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1345 DOI: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1345
Sumiaty, N., Nurbaya, & Ramadhan, K. (2023). Konvergensi program stunting (peran pemerintah daerah, organisasi profesi IBI dan perguruan tinggi). Edugizi Pratama Indonesia.
Sutrio, S., Fikri, A., Anita, A., Bertalina, B., & Amrina, A. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu dalam Upaya Pencegahan Stunting melalui Peningkatan Kemampuan Antropometri di Desa Rukti Endah Kabupaten Lampung Tengah. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 92–98. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.410 DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.410
Sutrio, S., Purnomo, A., Julaiha, S., & Hastuti, R. P. (2024). Penyuluhan Gizi tentang Anemia dan Demonstrasi Pembuatan Combro Hati Ayam Makanan Tinggi Zat Besi sebagai Upaya Pencegahan Anemia. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.232 DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.232
Vinci, A., Bachtiar, A., & Parahita, I. (2022). Efektivitas Edukasi Mengenai Pencegahan Stunting Kepada Kader: Systematic Literature Review. Jurnal Endurance, 7, 66–73. https://doi.org/10.22216/endurance.v7i1.822 DOI: https://doi.org/10.22216/jen.v7i1.822
World Health Organization. (2021). Guiding principles for feeding non-breastfed children 6-24 months of age. WHO Press. https://www.who.int/publications/i/item/9241593431
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sutrio, Anita, Mei Ahyanti, Ahmad Fikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





