Pendampingan Kader Posyandu dalam Pemantauan Praktik MP-ASI Usia 6–23 Bulan di Puskesmas Bandar Agung, Lampung Tengah

Authors

  • Sutrio Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang
  • Anita Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang
  • Mei Ahyanti Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang
  • Ahmad Fikri Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.459

Keywords:

MP-ASI, Kader Posyandu, Pendampingan, Edukasi Gizi, INEY 2025

Abstract

Kader Posyandu memiliki peran strategis dalam pemantauan tumbuh kembang anak dan edukasi praktik pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang sesuai standar. Namun, sebagian kader masih memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan pemantauan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu melalui pendampingan dalam praktik pemantauan MP-ASI di wilayah kerja Puskesmas Bandar Agung, Lampung Tengah, sebagai bagian dari Program Investing in Nutrition and Early Years (INEY) 2025. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (1) edukasi dan simulasi prinsip pemberian MP-ASI serta teknik pemantauan, dan (2) pendampingan langsung pada kegiatan Posyandu oleh tim dosen Poltekkes Tanjungkarang. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman kader terhadap prinsip pemberian MP-ASI, pencatatan data, serta keterampilan komunikasi edukatif kepada ibu balita. Evaluasi kualitatif menunjukkan respons positif dan peningkatan kepercayaan diri kader dalam menerapkan praktik pemantauan yang sesuai standar. Kegiatan ini mendukung pencapaian tujuan INEY 2025 dalam peningkatan kualitas pelayanan gizi berbasis masyarakat. Disarankan agar pendampingan dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan sistem monitoring dan metode pelatihan yang adaptif terhadap kebutuhan kader di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.

Damsar, & Indrayani. (2021). Sosiologi pendidikan: Pendekatan pemberdayaan masyarakat. Prenada Media.

Geniets, A., O’Donovan, J., Hakimi, L., & Winters, N. (2021). Training for community health: Bridging the global health care gap. Oxford University Press. DOI: https://doi.org/10.1093/oso/9780198866244.001.0001

Investing in Nutrition and Early Years (INEY). (2021). Indonesia Nutrition Early Years Program – Phase II: Implementation framework and strategy. World Bank Group. https://documents.worldbank.org/en/publication/documents-reports/documentdetail

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman pemberian makanan bayi dan anak di masa normal baru COVID-19. Direktorat Gizi Masyarakat. https://gizi.kemkes.go.id

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Strategi nasional percepatan penurunan stunting Indonesia 2021–2024. Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia. https://stunting.go.id/wp-content/uploads/2020/08/Stranas_Percepatan_Pencegahan_Anak_Kerdil.pdf

Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.

Laverack, G. (2017). Health promotion practice: Power and empowerment (2nd ed.). Palgrave Macmillan.

Noordiati, N. (2020). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Melalui Pelatihan Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kereng Bangkirai Kecamatan Sebangau Palangka Raya: Capacity Building for Posyandu Cadres through Training on Monitoring Growth and Development of Toddlers in the Working Area of Puskesmas Kereng Bangkirai, Sebangau District, Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 328–335. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1345 DOI: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i4.1345

Sumiaty, N., Nurbaya, & Ramadhan, K. (2023). Konvergensi program stunting (peran pemerintah daerah, organisasi profesi IBI dan perguruan tinggi). Edugizi Pratama Indonesia.

Sutrio, S., Fikri, A., Anita, A., Bertalina, B., & Amrina, A. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu dalam Upaya Pencegahan Stunting melalui Peningkatan Kemampuan Antropometri di Desa Rukti Endah Kabupaten Lampung Tengah. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 92–98. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.410 DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i1.410

Sutrio, S., Purnomo, A., Julaiha, S., & Hastuti, R. P. (2024). Penyuluhan Gizi tentang Anemia dan Demonstrasi Pembuatan Combro Hati Ayam Makanan Tinggi Zat Besi sebagai Upaya Pencegahan Anemia. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.232 DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.232

Vinci, A., Bachtiar, A., & Parahita, I. (2022). Efektivitas Edukasi Mengenai Pencegahan Stunting Kepada Kader: Systematic Literature Review. Jurnal Endurance, 7, 66–73. https://doi.org/10.22216/endurance.v7i1.822 DOI: https://doi.org/10.22216/jen.v7i1.822

World Health Organization. (2021). Guiding principles for feeding non-breastfed children 6-24 months of age. WHO Press. https://www.who.int/publications/i/item/9241593431

Published

01-12-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Sutrio, S., Anita, A., Ahyanti, M., & Fikri, A. (2025). Pendampingan Kader Posyandu dalam Pemantauan Praktik MP-ASI Usia 6–23 Bulan di Puskesmas Bandar Agung, Lampung Tengah. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–176. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.459

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.