Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi bagi Guru SMK di Kota Binjai
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.467Keywords:
Pendampingan, Model Pembelajaran Kooperatif, Gamifikasi, Hasil Belajar Ekonomi, Guru EkonomiAbstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru ekonomi SMK di Kota Binjai dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi. Berdasarkan hasil observasi, 80% guru masih menggunakan metode konvensional, hanya 45% siswa mencapai KKM, 80% guru mengalami kesulitan dalam integrasi teknologi, serta 65% siswa menganggap mata pelajaran ekonomi membosankan. Program dirancang melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan. Solusi yang diberikan meliputi pelatihan intensif pembelajaran kooperatif dan gamifikasi, peningkatan literasi digital, pendampingan implementasi kelas, pembentukan komunitas pembelajaran profesional, serta sistem evaluasi berkelanjutan. IPTEKS yang diimplementasikan meliputi berbagai model pembelajaran kooperatif (Think-Pair-Share, Jigsaw, TGT), teknologi gamifikasi (Kahoot, Quizizz, Classcraft), Learning Management System (Google Classroom, Microsoft Teams), serta tools konten digital (Canva, Powtoon). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 87%, 92% guru mampu merancang skenario gamifikasi, 85% guru berhasil mengimplementasikan teknologi, keterlibatan siswa meningkat 78%, hasil belajar siswa naik rata-rata 24,7%, serta keterampilan kolaboratif meningkat 32,5%. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di SMK Kota Binjai serta membangun ekosistem pendidikan yang interaktif, inovatif, serta berlangsung secara terus menerus.
Downloads
References
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran ekonomi di era digital. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 45–58.
Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, L. (2021). From game design elements to gamefulness: Defining gamification. International Journal of Educational Technology, 11(3), 9–19.
Fauzi, A., & Rahman, T. (2024). Peningkatan kompetensi digital guru SMK melalui pelatihan pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 8(1), 12–25.
Hamid, S. (2023). Gamifikasi dalam pembelajaran: Konsep dan implementasi. Deepublish.
Huda, M. (2023). Cooperative learning: Metode, teknik, struktur dan model penerapan. Pustaka Pelajar.
Kusuma, I. J., & Pratama, H. (2024). Efektivitas model pembelajaran kooperatif berbasis digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 78–92.
Lee, J. J., & Hammer, J. (2023). Gamification in education: What, how, why bother? Academic Exchange Quarterly, 15(2), 146–151.
Permendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (pp. 1–14). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Pratiwi, D., & Setiani, R. (2024). Analisis kebutuhan pengembangan profesional guru ekonomi SMK di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 34–47.
Purwanto, E., & Sulistyastuti, D. R. (2023). Metode penelitian kuantitatif untuk administrasi publik dan masalah-masalah sosial. Gava Media.
Rahayu, S., & Firmansyah, D. (2023). Pembelajaran ekonomi digital: Teori dan praktik. Prenadamedia Group.
Sanjaya, W. (2024). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.
Slavin, R. E. (2023). Cooperative learning: Theory, research, and practice (3rd ed.). Allyn & Bacon.
Sudarman, S., & Rahmatullah, A. (2024). Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis game di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(1), 67–82.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsuddin, A. (2024). Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran ekonomi di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 23–36. DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.447
Trianto. (2023). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka.
Wijaya, D. (2024). Implementasi pembelajaran kooperatif di era digital. Remaja Rosdakarya.
Yudhawati, R., & Haryanto, D. (2023). Teori-teori dasar psikologi pendidikan. Prestasi Pustakaraya.
Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2024). Blended learning dengan pendekatan gamifikasi untuk pembelajaran ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 45–58.
Zulkarnain, W., & Sumarsono, R. B. (2023). Manajemen dan etika profesi pendidik. Universitas Negeri Malang Press.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Revita Yuni, Putri Sari MJ Silaban, Putri Kemala Dewi Lubis, Roni Afriadi, Gita Nurhalizah Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





