Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi bagi Guru SMK di Kota Binjai

Authors

  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan
  • Putri Sari MJ Silaban Universitas Negeri Medan
  • Putri Kemala Dewi Lubis Universitas Negeri Medan
  • Roni Afriadi Universitas Negeri Medan
  • Gita Nurhalizah Pasaribu Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.467

Keywords:

Pendampingan, Model Pembelajaran Kooperatif, Gamifikasi, Hasil Belajar Ekonomi, Guru Ekonomi

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru ekonomi SMK di Kota Binjai dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi. Berdasarkan hasil observasi, 80% guru masih menggunakan metode konvensional, hanya 45% siswa mencapai KKM, 80% guru mengalami kesulitan dalam integrasi teknologi, serta 65% siswa menganggap mata pelajaran ekonomi membosankan. Program dirancang melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan. Solusi yang diberikan meliputi pelatihan intensif pembelajaran kooperatif dan gamifikasi, peningkatan literasi digital, pendampingan implementasi kelas, pembentukan komunitas pembelajaran profesional, serta sistem evaluasi berkelanjutan. IPTEKS yang diimplementasikan meliputi berbagai model pembelajaran kooperatif (Think-Pair-Share, Jigsaw, TGT), teknologi gamifikasi (Kahoot, Quizizz, Classcraft), Learning Management System (Google Classroom, Microsoft Teams), serta tools konten digital (Canva, Powtoon). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 87%, 92% guru mampu merancang skenario gamifikasi, 85% guru berhasil mengimplementasikan teknologi, keterlibatan siswa meningkat 78%, hasil belajar siswa naik rata-rata 24,7%, serta keterampilan kolaboratif meningkat 32,5%. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di SMK Kota Binjai serta membangun ekosistem pendidikan yang interaktif, inovatif, serta berlangsung secara terus menerus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran ekonomi di era digital. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 45–58.

Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, L. (2021). From game design elements to gamefulness: Defining gamification. International Journal of Educational Technology, 11(3), 9–19.

Fauzi, A., & Rahman, T. (2024). Peningkatan kompetensi digital guru SMK melalui pelatihan pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 8(1), 12–25.

Hamid, S. (2023). Gamifikasi dalam pembelajaran: Konsep dan implementasi. Deepublish.

Huda, M. (2023). Cooperative learning: Metode, teknik, struktur dan model penerapan. Pustaka Pelajar.

Kusuma, I. J., & Pratama, H. (2024). Efektivitas model pembelajaran kooperatif berbasis digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 78–92.

Lee, J. J., & Hammer, J. (2023). Gamification in education: What, how, why bother? Academic Exchange Quarterly, 15(2), 146–151.

Permendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (pp. 1–14). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Pratiwi, D., & Setiani, R. (2024). Analisis kebutuhan pengembangan profesional guru ekonomi SMK di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 34–47.

Purwanto, E., & Sulistyastuti, D. R. (2023). Metode penelitian kuantitatif untuk administrasi publik dan masalah-masalah sosial. Gava Media.

Rahayu, S., & Firmansyah, D. (2023). Pembelajaran ekonomi digital: Teori dan praktik. Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2024). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.

Slavin, R. E. (2023). Cooperative learning: Theory, research, and practice (3rd ed.). Allyn & Bacon.

Sudarman, S., & Rahmatullah, A. (2024). Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis game di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(1), 67–82.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syamsuddin, A. (2024). Pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran ekonomi di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 23–36. DOI: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.447

Trianto. (2023). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka.

Wijaya, D. (2024). Implementasi pembelajaran kooperatif di era digital. Remaja Rosdakarya.

Yudhawati, R., & Haryanto, D. (2023). Teori-teori dasar psikologi pendidikan. Prestasi Pustakaraya.

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2024). Blended learning dengan pendekatan gamifikasi untuk pembelajaran ekonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 45–58.

Zulkarnain, W., & Sumarsono, R. B. (2023). Manajemen dan etika profesi pendidik. Universitas Negeri Malang Press.

Published

01-12-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Yuni, R., Silaban, P. S. M., Lubis, P. K. D., Afriadi, R., & Pasaribu, G. N. (2025). Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi bagi Guru SMK di Kota Binjai. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 177–181. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.467

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.