Peningkatan Kemampuan Public Speaking dengan Metode Creative Self-Introduction di SMA 1 Mojolaban, Sukoharjo

Authors

  • Epata Puji Astuti Universitas Sanata Dharma
  • Tatang Iskarna Universitas Sanata Dharma
  • Catharina Brameswari Universitas Sanata Dharma
  • Wedhowerti Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.468

Keywords:

Public Speaking, Creative, Self-Introduction, English

Abstract

Ketrampilan public speaking menggunakan Bahasa Inggris adalah skill yang sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti sekarang ini. Penguasaan skill public speaking dalam Bahasa Inggris sangat diperlukan oleh siswa sekolah menengah atas (SMA) untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi dunia kerja atau studi di perguruan tinggi. Pengembangan skill ini seringkali menghadapi tantangan dengan terbatasnya sumber dan metode belajar. Oleh sebab itu, pengembangan skill Public Speaking dalam Bahasa Inggris menjadi topik utama pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMA 1 Mojolaban Sukoharjo dengan memperkenalkan metode Creative Self-Introduction. Pengabdian ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan berupa penyusunan materi, tahap pelaksanaan pelatihan dan tahap evaluasi hasil pelatihan. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah peningkatan angka rerata simulasi akhir dalam empat aspek yaitu creative idea, grammar, delivery dan pronunciation. Hal ini menunjukkan kemampuan siswa-siswi mengalami peningkatan setelah melakukan metode creative self-introduction menggunakan ilustrasi gambar yang merepresentasikan dirinya. Siswa mampu memperkenalkan dirinya di depan kelas serta mampu menyampaikan gagasan dengan baik dan percaya diri. Kegiatan pengabdian ini  berhasil memberi dampak positif  terutama dalam peningkatan kemampuan public speaking dalam Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsan, N.R. (2015). Investigating the Benefits of Mobile Phone Technology toward the Teaching and Learning Practices at Higher Schools. The Journal of English Studies, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.26555/adjes.v2i2.2976.

Amrina, H. (2015). Teaching English Self Introduction Through Character Building- Based Material. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 8(2), 133-139. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v8i2.25

Audria, A., Qamariah, Z., & Mirza, A. A. (2024). Peran Mahasiswa Prodi TBI Dalam Penguatan Materi Self-Introduction Bagi Siswa Sekolah Dasar DI Kota Palangka Raya. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 2(2), 46-54. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i2.951 DOI: https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i2.951

Azizah. H. N. (2020). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui penggunaan media Word Wall. ALSUNIYAT, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212 DOI: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Darmuh, M. M., & Kadar, A. S. (2023). Optimasi Kesiapan Karier Mahasiswa: Pelatihan Daring Intensif dalam Public Speaking dan Penulisan CV yang Efektif Lingkungan Kerja bagi Mahasiswa. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 71–77. https://doi.org/ https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2186 DOI: https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2186

Fayogi, S. F., Supardi, I., & Arifin, Z. (2017). Teaching Self-Introduction by Using The Whole Brain Teaching Method. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(9), 1-7. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i9.21594

Hadi, M. Z. P., & Dewi, P. (2024). Pelatihan Public Speaking Dengan Penerapan Metode Presentation, Practice, and Production Bagi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i1.466 DOI: https://doi.org/10.57248/jilpi.v3i1.466

Miftah, Z., & Muthi, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pelatihan Kader Pada Organisasi IPNU/IPPNU Pac Balen Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(1), 151–162. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i1.251 DOI: https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i1.251

Safitri, C. D., Sembiring, S. A., Sudding, M. F. J., Musdalifah, M., & Kamariah, A. (2025). Strategi peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa melalui pelatihan public speaking berbasis praktik dan umpan balik. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 2(2), 129–137. https://doi.org/10.53088/tintamas.v2i2.2070 DOI: https://doi.org/10.53088/tintamas.v2i2.2070

Susyetina, A., Chriswiyati, E.P., & Lase, S. (2022). Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SMA Budi Utama. Patria Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080 DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.4080

Published

01-12-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Astuti, E. P., Iskarna, T., Brameswari, C., & Wedhowerti, W. (2025). Peningkatan Kemampuan Public Speaking dengan Metode Creative Self-Introduction di SMA 1 Mojolaban, Sukoharjo. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.468