Bimbingan Belajar Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kota Baubau Sulawesi Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.84Keywords:
Speaking, Reading, Listening, WritingAbstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Pengabdian ini berangkat dari hasil observasi dan analisis yang menemukan bahwa pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris siswa Sekolah menengah Kejuruan di Kota Baubau masih rendah dan kurangnya minat pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman Serta menumbuhkan minat belajar bahasa Inggris siswa SMK Kesehatan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menitik fokuskan pada empat skill bahasa Inggris yaitu; Speaking (berbicara), Reading (membaca), Listening (Mendengarkan), dan Writing (menulis). Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan dengan 2 kali pertemuan untuk tiap minggunya, sehingga total 12 kali pertemuan. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, nilai bahasa inggris dan minat siswa untuk belajar bahasa inggris mengalami peningkatan pada SMK Kesehatan. Sebagian besar Siswa-siswi SMK kesehatan ini bahkan kemudian berminat untuk mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler bimbingan belajar Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
Downloads
References
Brown, H. Douglas. (2018). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, ESL.
Heaton, J.B. (1990). Writing English Language Test. New York: LongmanInc.
Klingner, Janette K., Vaughn, Sharon and Boardman , Alison. (2015). Teaching ReadingComprehension to Students with Learning Difficulties, Second Edition. New York: The GuilfordPress.
Langan, Jhon. (2013). College Writng Skill With Reading 9th Edition. New York: The McGrowHill Companies.
Nation, I.S.P. & Macalister, Jhon. (2020). Teaching ESL/EFL Reading and Writing. United Kingdom: Routledge.
Paris, Scott G., & Stahl, Steven A. (2005). Children's Reading Comprehension and Assessment 1st edition. United Kingdom: Routledge.
Thornbury, Scott. (2003). How to Teach Grammar. New York: Cambridge University Press.
Tompkins, Gail E.(2001). Language Art: Content and TeachingStrategies 5th Edition. NewYork: Pearson College Div.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fajar Pudo, Misran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





