Peningkatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan Koding dan Kecerdasan Buatan
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.514Keywords:
Literasi Digital, Koding, Kecerdasan Buatan, ScratchAbstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru memiliki kompetensi literasi digital yang kuat, termasuk kemampuan berpikir komputasional dan pemahaman tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Namun, sebagian besar guru sekolah dasar masih memiliki kemampuan literasi digital yang rendah dan cenderung berperan sebagai pengguna pasif teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar melalui pelatihan koding menggunakan Scratch dan pengenalan konsep dasar AI. Pelatihan dilaksanakan di KKG Gugus Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, selama dua bulan (September–Oktober 2025) dengan melibatkan 27 guru SD. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif yang mencakup tahap persiapan, pelaksanaan, pendampingan implementasi, dan evaluasi. Instrumen evaluasi meliputi pre-test dan post-test pada tiga aspek: pengetahuan digital, kemampuan berpikir komputasional, dan pemahaman AI. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan rata-rata literasi digital sebesar 52,5%, dengan rincian peningkatan pengetahuan dasar digital sebesar 41,9%, kemampuan berpikir komputasional sebesar 47,5%, dan pemahaman AI sebesar 68,2%. Pasca-pelatihan, 87% peserta berhasil mengintegrasikan media pembelajaran berbasis Scratch dan elemen AI sederhana ke dalam RPP. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru serta mendorong perubahan paradigma dari pengguna teknologi menjadi kreator pembelajaran digital yang inovatif.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Inesia, I., Ningrum, K. S., & Mumtazah, D. (2025). Pendampingan Literasi Digital pada Guru Sekolah Dasar. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 297–305. https://doi.org/10.30997/qh.v11i2.15572 DOI: https://doi.org/10.30997/qh.v11i2.15572
Anis, Y., Mukti, A. B., & Mulyani, S. (2023). Pelatihan Pemrograman Scratch bagi Guru-guru SD Islam Al Madina Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 6(2), 198–205.
Asfaraini, R. A., & Nuroh, E. Z. (2025). Analisis Keterampilan Literasi Digital Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7074–7087. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.8362
Asriyanik, Pambudi, A., & Uswatun, D. A. (2026). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Pelatihan AI dan Literasi Digital. 5(5), 661–669. https://doi.org/10.59395/altifani.v5i5.829
Fadiana, M., Yulaikah, Y., & Kusumawati, D. (2021). The Development of Semiotic Based Contextual Mathematics Learning Videos to Support Learning from Home. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.372 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.372
Faridha, N., Adisiswanto, A. E., & Rahman, M. (2025). Inovasi media pembelajaran digital berbasis book creator untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar. 6(10), 842–852. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i3.23891 DOI: https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i3.23891
Festiyed, F., Mikhayla, M. E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360 DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360
Hansa, M., Tabina, C., Naylarega, F. E., Ramandani, S. N., Farda, A. V., Arib, M., & Setiawaty, R. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar melalui Penyusunan Bahan Ajar dan Asesmen Berbantuan AI. 7(2), 140–148. DOI: https://doi.org/10.24176/mjlm.v7i2.15978
Luthfiyyah, R. Z., Nurhikmah, J., Luthfiyyah, R. Z., & Irsalina, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Scratch Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Salah Satu Sekolah Dasar Purwakarta. 3, 5722–5731.
Maria, E., Satria, B., Nurhuda, A., Junirianto, E., Ramadhani, S., Khamidah, I. M., Franz, A., Beze, H., Ramadhani, B., Andrea, R., Karim, S., Studi, P., Rekayasa, T., Lunak, P., Pertanian, P., Samarinda, N., & Artikel, I. (2025). Pelatihan Internet Of Things ( IOT ) Untuk Peningkatan Kompetensi Praktik Siswa Smk Bhakti LoA. 3, 195–200. DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.472
Marpaung, U. A. S., Nasution, I. S., & Saragih, M. A. T. S. (2025). Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(3), 3223–3228. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434
Mohammad, J. S., & Indra, R. J. (2025). Mengeksplorasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(1), 35–39. DOI: https://doi.org/10.63863/jce.v3i1.17
Nafiah, N., Ghufron, S., Mariati, P., & Ruliansyah, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch. Indonesia Berdaya, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.47679/ib.2023372 DOI: https://doi.org/10.47679/ib.2023372
Pratiwi, V., Nurketi, N., & Putri, F. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar. VYGOTSKY. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183 DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183
Puteri, S. N. (2024). Pemanfaatan Media Scratch Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SD. Js(Jurnal Sekolah) (2024) 8(3) 480, 8(3), 480–494. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v8i3.57912
Raudhan, M. N., Arinal, V., & Nugroho, A. P. (2025). JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 8, Nomor 3, Mei–Juni 2025. 8, 258–268.
Tayane, R. T., Marianingsih, S., Widodo, W., & Palumpun, Y. (2025). Pelatihan Literasi Digital Bagi Para Guru Sd Inpres 2 Arso 1 Kabupaten Keerom. Jurnal Abdimas Dinamis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 8–15. https://doi.org/10.58839/jad.v6i1.1471 DOI: https://doi.org/10.58839/jad.v6i1.1471
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan.
Yuni, R., Kemala, P., Lubis, D., Afriadi, R., Pasaribu, G. N., Ekonomi, F., Medan, U. N., & Artikel, I. (2025). Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran. 3(2020), 177–181. DOI: https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.467
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mu’jizatin Fadiana, Pujiati, Zenny Taufikurrizal, Warli; Heny Sulistyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





