Edukasi Literasi Keuangan di SMK Gondang Wonopringgo

Authors

  • Dessy Putri Safrina UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Khorisatul Amanah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ieda Rizqi Rachmawati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ria Anisatus Sholihah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.57

Keywords:

Literasi Keuangan, Investasi, Siswa SMK, Tabungan, Aset

Abstract

Literasi keuangan memiliki kontribusi penting tidak hanya bagi pelaku bisnis tapi juga untuk semua kalangan masyarakat terutama siswi. siswi dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi akan mampu menduga dampak minimal saat terjadi krisis keuangan. Selain itu, tingkat literasi keuangan yang tinggi memberikan informasi penting agar dapat menjangkau berbagai sumber pendanaan dan juga informasi seputar instrumen keuangan. selain itu juga memberikan manfaat bagi banyak pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Bagi siswi, pemahaman tentang literasi keuangan memberikan ruang alternatif agar uang mereka bisa bertumbuh setiap waktu. siswi merupakan generasi muda yang akan menjadi aset masa depan bangsa dan perlu memiliki pengetahuan seputar literasi keuangan agar mereka bisa mengambil keputusan keuangan dengan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Nurul Safura. 2020. “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP PADA PERILAKU KEUANGAN PADA GENERASI MILENIAL.” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) 1 (2): 92–101.

Dewi, Mega Zullyana, and Agung Listiadi. 2021. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga Dan Literasi Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Siswa Akuntansi SMK.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3 (6).

Dita Anjani, Siti Robiah, Lala Ratu Khotimah, and Hendri Hermawan Adinugraha. 2022. “Dengan Memberikan Pendidikan Tentang Pentingnya Pengelolaan Dan Manajemen Keuangan Kepada Remaja, Akan Berdampak Positif Dalam Menumbuhkan Minat Mereka Untuk Menabung Dan Berinvestasi Sebagai Persiapan Masa Depan. Secara Tidak Langsung, Jika Remaja Dilati.” Journal of Applied Community Engagement 2 (1).

Fariduddin, Fahriyan, Edi Saputra, Aby Yazid Al Busthom, Hendri Hermawan, and Adinugraha. 2022. “Pelatihan Perencanaan Keuangan Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah.” EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 3 (2): 103–7.

Linawati, Linawati, Diah Nurdiwaty, and Dyah Ayu Paramitha. 2021. “PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PAJAK KOPERASI DI KOPERASI ASWAJA MITRA MANDIRI BLITAR.” Jurnal Abdikmas 1 (2).

Linawati, Diah Nurdiwaty, Hestin Sri Widiawati, Sigit Puji Winarko, Faisol, Badrus Zaman, Nadyla Alfiena Candra, and Mareta Selfia Riswahningrum. 2022. “EDUKASI LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMK.” JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara) 4 (2).

Puspita, Amelia Tri, Deni Lubis, and Marhamah Muthohharoh. 2021. “Faktor–Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Mahasiswa Muslim Di Bogor.” AL-MUZARA’AH 9 (1).

Salleh, Pg Md, and Ak Md Hasnol Alwee. 2015. “A Comparison on Financial Literacy between Welfare Recipients and Non-Welfare Recipients in Brunei.” International Journal of Social Economics 42 (7): 598–613.

Setiawan, Budi. 2020. “EDUKASI LITERASI KEUANGAN BAGI MAHASISWA DI KOTA PALEMBANG.” NTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 4 (1).

Wijayanti, Wijayanti, Grisvia Agustin, and Farida Rahmawati. 2016. “PENGARUH JENIS KELAMIN, IPK, DAN SEMESTER TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PRODI S1 EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 9 (1).

Yushita, Amanita Novi. 2017. “PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI.” JURNAL NOMINAL 6 (1).

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Safrina, D. P., Amanah, K., Rachmawati, I. R., Sholihah, R. A., & Adinugraha, H. H. (2023). Edukasi Literasi Keuangan di SMK Gondang Wonopringgo. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 136–143. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.57

Most read articles by the same author(s)