Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 33 Ngijo Karangploso

Authors

  • Murdiono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hadi Nur Taufiq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Suherman Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.118

Keywords:

Pendampingan, Bahasa Arab, Guru TK

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini direalisasikan dengan program pendampingan belajar yang terfokus pada pengenalan Bahasa Arab menyenangkan pada Guru-guru Tk Aisyiyah Bustanul Athfal. Kegiatan pendampingan belajar ini dilakukan di lingkungan Dusun Ngijo Karangploso. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membimbing guru-guru agar memiliki keterampilan berbahasa Arab dengan baik dan benar. Masalah utama adalah karena Guru-guru Tk Aisyiyah Bustanul Athfal belum ada pemahaman sama sekali tentang Bahasa Arab, padahal mereka diharuskan oleh mengajarkan Kosa-kata Bahasa Arab kepada Anak-anak. Kegiatan pengabdian ini berupa program bimbingan belajar bahasa arab untuk Guru-guru TK yang berjumlah 6 orang. Adapun materi yang disampaikan berupa Perkenalan atau at-ta’aruf, kemudian kosakata atau almufradat, percakapan sehari-hari atau al-hiwar, serta pengenalan dhomir. Metode pelaksanaan pendampingan diawali dengan observasi dan perijinan. Tahapan selanjutnya adalah penyusunan handout Bahasa Arab untuk Anak Tk. Tahap pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) kali pertemuan. Selanjutnya, evaluasi akhir akan dilaksanakan kepada peserta pendampingan dalam bentuk Praktek. Tahap akhir yaitu analisis keterlaksanaan pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Nurazizah, and Nurjannah Nurjannah. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Maharah Kalam Santri Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di TKA/TPA.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):59–63. doi: 10.32764/abdimaspen.v3i2.2540.

Fadhel, Ahmad, and Syakir Hidayat. 2022. “Pendampingan Kemampuan Berbahasa Melalui Pelajaran Tambahan Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salsabila Samarinda.” TAFANI Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):71–75.

Faruq, Ahmad Umar, Nurul Wahdah, and Muslimah Muslimah. 2022. “Pendampingan Basic Arabic Club Pada Anak Usia Dini Di Desa Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya.” Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):131–44. doi: 10.35878/kifah.v1i2.476.

Jamilah, M. 2022. “… Materi Ajar Dan Pendampingan Pembelajaran Latihan Menulis Bahasa Arab Melalui Buku ‘Al Kitabah’ Pada Santri Hidayatullah ….” Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada … 1(1):86–95.

Kusuma Adi, Fajarwati, Titik Vitriani, and Muhammad Daqok. 2021. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpq Wonogiri.” Jurnal Al Basirah 1(2):127–36. doi: 10.58326/jab.v1i2.22.

Langke, Rusman, Abdul Muis Daeng Pawero, Misbahuddin Jamal, Dimas Damogalad, Intan Wahyuni Korompot, and Safira Paputungan. 2021. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah Di MA Al-Muhajirin Manado.” Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis 3(2):1–6.

Mulyati, Aas, and Usep Setiawan. 2023. “PENDAMPINGAN BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB DAN.” 3(2).

Published

30-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Murdiono, M., Taufiq , H. N., & Suherman, S. (2023). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 33 Ngijo Karangploso. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 206–211. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.118