Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Guru TK Aisiyah Bustanul Athfal 33 Ngijo Karangploso
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.118Keywords:
Pendampingan, Bahasa Arab, Guru TKAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini direalisasikan dengan program pendampingan belajar yang terfokus pada pengenalan Bahasa Arab menyenangkan pada Guru-guru Tk Aisyiyah Bustanul Athfal. Kegiatan pendampingan belajar ini dilakukan di lingkungan Dusun Ngijo Karangploso. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membimbing guru-guru agar memiliki keterampilan berbahasa Arab dengan baik dan benar. Masalah utama adalah karena Guru-guru Tk Aisyiyah Bustanul Athfal belum ada pemahaman sama sekali tentang Bahasa Arab, padahal mereka diharuskan oleh mengajarkan Kosa-kata Bahasa Arab kepada Anak-anak. Kegiatan pengabdian ini berupa program bimbingan belajar bahasa arab untuk Guru-guru TK yang berjumlah 6 orang. Adapun materi yang disampaikan berupa Perkenalan atau at-ta’aruf, kemudian kosakata atau almufradat, percakapan sehari-hari atau al-hiwar, serta pengenalan dhomir. Metode pelaksanaan pendampingan diawali dengan observasi dan perijinan. Tahapan selanjutnya adalah penyusunan handout Bahasa Arab untuk Anak Tk. Tahap pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) kali pertemuan. Selanjutnya, evaluasi akhir akan dilaksanakan kepada peserta pendampingan dalam bentuk Praktek. Tahap akhir yaitu analisis keterlaksanaan pendampingan.
Downloads
References
Amir, Nurazizah, and Nurjannah Nurjannah. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Maharah Kalam Santri Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di TKA/TPA.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):59–63. doi: 10.32764/abdimaspen.v3i2.2540.
Fadhel, Ahmad, and Syakir Hidayat. 2022. “Pendampingan Kemampuan Berbahasa Melalui Pelajaran Tambahan Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salsabila Samarinda.” TAFANI Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):71–75.
Faruq, Ahmad Umar, Nurul Wahdah, and Muslimah Muslimah. 2022. “Pendampingan Basic Arabic Club Pada Anak Usia Dini Di Desa Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya.” Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):131–44. doi: 10.35878/kifah.v1i2.476.
Jamilah, M. 2022. “… Materi Ajar Dan Pendampingan Pembelajaran Latihan Menulis Bahasa Arab Melalui Buku ‘Al Kitabah’ Pada Santri Hidayatullah ….” Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada … 1(1):86–95.
Kusuma Adi, Fajarwati, Titik Vitriani, and Muhammad Daqok. 2021. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpq Wonogiri.” Jurnal Al Basirah 1(2):127–36. doi: 10.58326/jab.v1i2.22.
Langke, Rusman, Abdul Muis Daeng Pawero, Misbahuddin Jamal, Dimas Damogalad, Intan Wahyuni Korompot, and Safira Paputungan. 2021. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah Di MA Al-Muhajirin Manado.” Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis 3(2):1–6.
Mulyati, Aas, and Usep Setiawan. 2023. “PENDAMPINGAN BELAJAR MEMBACA BAHASA ARAB DAN.” 3(2).
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murdiono, Hadi Nur Taufiq , Suherman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





