Demonstrasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Nathania Palangka Raya

Authors

  • Ety Kurniati Universitas Palangka Raya
  • Kadek Ayu Cintya Adelia Universitas Palangka Raya
  • Indah Gumilang Dwinanda Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.176

Keywords:

Demonstrasi, Sains, Minat Siswa

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang diarahkan pada upaya pembinaan IPTEKS dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi sains terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran di SMP Nathania Palangka Raya ditemukan bahwa minat belajar siswa terhadap sains tergolong rendah. Rendahnya minat belajar siswa diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran IPA/sains yakni metode ceramah. Guru masih belum menggunakan metode yang inovatif dan belum memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sains. Hal ini perlu metode yang inovatif dan melibatkan media pembelajaran yakni metode demonstrasi. Khalayak sasaran pengabdian ini yakni seluruh siswa SMP Nathania Palangka Raya. Penggunaan metode demonstrasi pada pengabdian ini melibatkan alat peraga dalam menyampaikan materi pada pembelajaran sains. Siswa antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran sains dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diantyastuti Ramadhani. (2018). Pengaruh Interaksi Guru— Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7, 6.

Harapan, I. K. M. P., Asri, I. G. A. A. S., & Kristiantari, M. G. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 54–64. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22221

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Komara, B. D., & Yulianti, Y. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Ipa Sd. Mirabilis : Journal of Biology Education, 1(2), 12–21. https://doi.org/10.56916/jm.v1i2.281

Kurniawan, P. V. (2012). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2/SEPTEMBE), 103–109. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/septembe.345

Loka, I. N., Purwoko, A. A., Haris, M., & Laksmiwati, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Melalui Demonstrasi Kimia Hiburan.

Mayub, A., Johan, H., & Ruyani, A. (2023). Demonstrasi, Simulasi dan Video Robot Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Bidang IPA. Jurnal Inovasi Pengabdian …, 3. https://ejournal.unib.ac.id/jurnalinovasi/article/view/26938%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/jurnalinovasi/article/view/26938/12005

Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886

Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Published

06-12-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Ety Kurniati, Adelia, K. A. C., & Dwinanda, I. G. (2023). Demonstrasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Nathania Palangka Raya. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 38–42. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.176