Demonstrasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Nathania Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i2.176Keywords:
Demonstrasi, Sains, Minat SiswaAbstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang diarahkan pada upaya pembinaan IPTEKS dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi sains terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran di SMP Nathania Palangka Raya ditemukan bahwa minat belajar siswa terhadap sains tergolong rendah. Rendahnya minat belajar siswa diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran IPA/sains yakni metode ceramah. Guru masih belum menggunakan metode yang inovatif dan belum memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sains. Hal ini perlu metode yang inovatif dan melibatkan media pembelajaran yakni metode demonstrasi. Khalayak sasaran pengabdian ini yakni seluruh siswa SMP Nathania Palangka Raya. Penggunaan metode demonstrasi pada pengabdian ini melibatkan alat peraga dalam menyampaikan materi pada pembelajaran sains. Siswa antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran sains dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Downloads
References
Diantyastuti Ramadhani. (2018). Pengaruh Interaksi Guru— Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7, 6.
Harapan, I. K. M. P., Asri, I. G. A. A. S., & Kristiantari, M. G. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 54–64. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22221
Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Komara, B. D., & Yulianti, Y. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Ipa Sd. Mirabilis : Journal of Biology Education, 1(2), 12–21. https://doi.org/10.56916/jm.v1i2.281
Kurniawan, P. V. (2012). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2/SEPTEMBE), 103–109. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i2/septembe.345
Loka, I. N., Purwoko, A. A., Haris, M., & Laksmiwati, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labuapi Melalui Demonstrasi Kimia Hiburan.
Mayub, A., Johan, H., & Ruyani, A. (2023). Demonstrasi, Simulasi dan Video Robot Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Bidang IPA. Jurnal Inovasi Pengabdian …, 3. https://ejournal.unib.ac.id/jurnalinovasi/article/view/26938%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/jurnalinovasi/article/view/26938/12005
Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886
Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329
Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ety Kurniati, Kadek Ayu Cintya Adelia, Indah Gumilang Dwinanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.