Peningkatan Kecerdasan Siswa melalui Pengenalan Laporan Keuangan di SMK Jeljakaka Kabupaten Kepulauan Aru
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i1.239Keywords:
Peningkatan, Kecerdasan Siswa, Laporan Keuangan, SMK JeljakakaAbstract
Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya laporan keuangan adalah langkah penting dalam memastikan siswa memahami dan mampu mengelola aspek keuangan baik dalam konteks pribadi maupun profesional. Perguruan Tinggi dapat menyediakan program pendidikan dan pelatihan yang fokus pada laporan keuangan yang lebih modern dan efektif. Literasi keuangan yang baik dapat membantu siswa memahami pentingnya pengelolaan keuangan secara umum. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk: (1) Memberikan pengenalan tentang laporan keuangan kepada siswa SMK Jeljakaka Dobo, (2) Menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Pattimura, (3) Menjalin kerja sama yang baik antara pihak PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru dan pihak lain yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan PSDKU Universitas Pattimura kedepan. Metode pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada siswa SMK Jeljakaka berjumlah 40 orang. Luaran yang dicapai dalam kegiatan PKM ini, yaitu: Siswa serta para guru mampu memahami dengan baik laporan keuangan serta mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan berwawasan luas mengenai laporan keuangan.
Downloads
References
Afandi, I. 2016. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyusun Laporan Keuangan Di SMA Negeri 1 Tanjung Batu Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi FKIP Universitas Sriwijaya Inderalaya.
Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI. 2017. Standar Akuntansi Keuangan (SAK). No. 14: Persediaan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. SAGE Publication, Ltd.
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 2022. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta.
Ridwan Mahmud, & Budi Prabowo. (2023). Manfaat Pentingnya Meningkatkan Literasi Finansial Anak Sekolah Dasar Dengan Program Social Fair And Festival Literasi Finansial Di Kebun Teh Wonosari. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 126–132. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1354
Silvita, F., Avianto, A., Safitri, N., Fikriyah, A., Damayanty, P., Dharma, D., & Noveliza, D. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah RAPIIN.CO. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 94-109. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.112
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ester Melania Pasamba, Yohana Magdalena Kalorbobir, Maher Syalal Lawalata, Clara Kesaulya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





