Latihan Pengenalan Pengembangan Media Pembelajaran Daring bagi Guru-Guru di SMP Negeri I Biboki Utara
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.243Keywords:
Latihan Pengembangan, Media Pembelajaran Daring, Guru Mata PelajaranAbstract
Tujuan dan manfaat pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan inovasi guru-guru di SMP Negeri I Biboki Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara dalam membuat dan merancang media pembelajaran daring, agar siswa dapat memiliki motivasi yang kuat untuk meningkatkan pengetahuan dan penguasaan mereka terhadap materi ajar yang diberikan di kelas. Metode yang digunakan pada kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu forum diskusi grup, pelatihan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah seluruh peserta guru telah memiliki keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran daring dalam bentuk pemanfaatan aplikasi canva, zoom meeting, google classroom, dan google meetDownloads
References
Agustian, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan , 1-12.
Amelia Putri Wulandari, A. A. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education , 1-9.
Ferdinand Salomo Leuwol, B. M. (2023). Efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah. Edusaintek jurnaL, 1-12.
Jemry Bernabas Olang, R. H. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kebingungan Siswa Menggunakan Metode Ceramah Plus Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Daring . Didaktika Jurnal Kependidikan, 1-15.
Mantasiah R, A. A. (2021). PKM Pelatihan Media Pembelajaran G-Learning bagi Kelompok . Jurnal Dedikasi, 1-5.
Miftah, M. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR Jurnal Pendidikan, -7.
Nia Astuti, N. Y. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara . JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) , 1-13.
Siahaan, R. R. (2020). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik. Jurnal TEKNODIK, 1-15.
Taufik, A. M. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 1-7.
Yusrizal, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1-5.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





