Pemberdayaan Siswa melalui Sosialisasi dan Implementasi Pencegahan Bullying di SDN 03 Kalisoro
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.301Keywords:
Bullying, Perundungan, Sekolah Dasar, KomitmenAbstract
Kasus bullying di sekolah dasar telah menjadi masalah serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan anak, baik secara psikologis maupun sosial. Bullying dapat mengganggu proses belajar, menurunkan rasa percaya diri anak, bahkan menyebabkan trauma jangka panjang. Untuk itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya bullying di lingkungan SDN 03 Kalisoro melalui program sosialisasi yang melibatkan siswa, guru, dan orangtua. Program ini dilaksanakan pada 26 Oktober 2023 dan merupakan pengabdian dari kegiatan Intellectual Leadership School yang diselenggarakan oleh BEM UNS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pemberian materi yang interaktif, diskusi kelompok, serta kegiatan kreatif sebagai bentuk komitmen anti-bullying. Siswa diberi pemahaman tentang definisi bullying, bentuk-bentuknya, dan dampak negatif yang ditimbulkan, sementara guru dan orangtua diberikan pengetahuan tentang cara mengenali dan menangani kasus bullying. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman tentang bullying di kalangan siswa, guru, dan orangtua. Selain itu, terciptanya komitmen bersama untuk menjaga lingkungan sekolah yang aman dan mendukung. Kegiatan ini membuktikan bahwa melalui pendekatan yang inovatif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dapat menciptakan perubahan positif dalam mengatasi masalah bullying di sekolah. Program sosialisasi ini tidak hanya meningkatkan kesadaran, tetapi juga mendorong terciptanya lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman bagi semua siswa. Keberhasilan program ini menginspirasi untuk terus mengembangkan strategi-strategi baru dalam mencegah dan mengatasi bullying di masa depan.
Downloads
References
Adiyono, et al. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Al Madrasah, 6(3).
Andryawan, Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) Di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1–14.
BPS Jawa Tengah. (2024). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).
Fahham, A. M. (2024). Kekerasan Pada Anak di Satuan Pendidikan. Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI.
KemenPPA. (2023). Kasus Bullying Siswa SD di Kota Sukabumi, KemenPPPA Tekankan Pencegahan Bullying di Sekolah dan Keluarga. Biro Hukum Dan Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlidungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NDk4MA==
Kusumaningsih, L. P. S. (2023). Perilaku Perundungan (Bullying) ditinjau dari Teori Pembelajaran Sosial. 3 Rd E-Proceeding SENRIABDI 2023 Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 63–71.
Nadhiroh, F. (2023). Kisah Menyayat Hati Siswa SD Gantung Diri Gegara Dibully Tak Punya Ayah . Detik Jatim.
Pamungkas, C. R. (2019). Peran Guru dalam Penanganan Bullying di SD Negeri 04 Kemiri Kebakkramat Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pertiwi, F. D. (2019). Hubungan Sikap dengan Pengalaman (Bullying) pada Siswa SMKN 2 Kota Bogor. Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1–8.
Rey, L. (2023). Kasus Bullying di Karanganyar, Setahun Siswa Dirundung 8 Temannya! . https://jateng.idntimes.com/news/jateng/larasati-rey/kasus-bullying-di-karanganyar-setahun-siswa-dirundung-8-temannya-c1c2?page=all
Santika, I. G. N. (2023). Kedudukan Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. IJOLARES: Indonesian Journal of Law Research, 1(2), 47–51.
Setiani, A. P., & Hidayah, L. N. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Sulistyowati, Pratama, Y., Khairi, A. Z., Aminulllah, & Sari, F. V. (2024). Stop Bullying Now: Membangun Kesadaran Anak-Anak Disekolah SDN 01 Tumbang Tahai Melalui Sosialisasi dan Seminar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 860–869.
Supriyatno, Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, & Bachtiar, G. (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk! (Vol. 1). Direktorat Sekolah dasar Kemendikbudristek.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seli Karisma, Muhammad Faiz Zuhdi, Shilvi Anggun Choirunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.