Sosialisasi Pengenalan Konsep Etnomatematika kepada Siswa dan Guru SMA Negeri 3 Amarasi Timur

Authors

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.305

Keywords:

Sosialisasi, Etnomatematika, Masyarakat Amarasi Timur

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini yaitu sebagai berikut: (1) Mengedukasi dan memberikan pemahaman terkait kaitan budaya dan matematika kepada guru dan siswa SMA Negeri 3 Amarasi Timur; (2) Sebagai referensi bagi guru dalam mengembangkan strategi ataupun model dalam mengajar matematika di SMA Negeri 3 Amarasi Timur; dan (3) Mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini terdiri 4 tahapan yang meliputi observasi, persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM disimpulkan bahwa para siswa dan guru termotivasi mengikuti kegiatan PkM tersebut dikarenakan materi etnomatematika yang dipaparkan Tim PkM berkaitan dengan budaya, tradisi, dan praktik sehari-hari masyarakat Amarasi Timur. Selama kegiatan PkM, siswa dan guru terlibat aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan Tim PkM. Selain itu, siswa juga dapat menjelaskan konsep etnomatematika yang terdapat pada masyarakat Amarasi Timur yang belum dipaparkan oleh Tim PkM. Melalui kegiatan PkM ini siswa lebih termotivasi untuk mempelajari materi matematika di sekolah, siswa lebih mengenal, menghargai, dan melestarikan budaya lokal masyarakat Amarasi Timur melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan kearifan lokal, serta guru dapat menintegrasikan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 Amarasi Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Osniman Paulina Maure, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Andrian Runtius Lalang, Universitas San Pedro

Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sefri Imanuel Fallo, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Florianus Aloysius Nay, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fernince Pote, Universitas San Pedro

Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Kamelia Mauleto, Universitas San Pedro

Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133.

Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika pada budaya masyarakat Dayak perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 29–39.

Isnani, Wikan, B. U., Amalia, S. R., & Aulia, F. (2017). The Use of Ethnomathematics Project Based Learning Model to improve Capabilities Mastery Concept Applicable and Process Skills. 4 Th ICRIEMS Proceedings, 163–168.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.16350

Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 5(1), 37–45. https://doi.org/10.15548/mej.v5i1.2504

Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2022). Etnomatematika Sistem Bilangan Masyarakat Manggarai Timur Dan Masyarakat Timor Tengah Selatan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3514. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6380

Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. Posiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–347. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/index

Steen, L. A. (2001). Mathematics and democracy: The case for quantitative literacy. NCED Princeton, NJ.

Published

05-12-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Maure, O. P., Lalang, A. R., Fallo, S. I., Nay, F. A., Pote, F., & Mauleto, K. (2024). Sosialisasi Pengenalan Konsep Etnomatematika kepada Siswa dan Guru SMA Negeri 3 Amarasi Timur. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 164–172. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.305

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.