Kolaborasi dalam Aksi: Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Dobo melalui Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.307Keywords:
Karakter, Pembelajaran Interaktif, KolaboratifAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa SD Muhammadiyah Dobo melalui kegiatan pembelajaran interaktif yang memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan yang relevan dan menarik. Metode yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek dan permainan edukatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam lingkungan dunia nyata sehingga mereka dapat memahami dan menggunakan karakter positif seperti kerja sama, empati, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para guru SD Muhammadiyah Dobo juga menerima pelatihan untuk membantu mereka menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan berbasis karakter. Kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa lebih dari 85% siswa sangat antusias dalam mengikuti sesi pembelajaran interaktif dan 90% siswa mampu menyelesaikan tugas kelompok dengan pembagian peran yang jelas dan saling mendukung. Indikator keterlibatan meliputi partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, keingintahuan yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, serta kolaborasi yang efektif saat mengerjakan tugas berbasis proyek. Temuan penting dari kegiatan ini menunjukkan bahwa metode pengajaran yang interaktif, kontekstual, dan relevan telah terbukti dapat meningkatkan pemahaman dan nilai-nilai karakter siswa.
Downloads
References
AKCAN, F., BAYIR, E. A., & ÇOBAN, B. (2023). Effect of Interactive Online Learning Material Developed on Digital Rights and Responsibilities on Students’ Self-efficacies. International Journal of Modern Education Studies, 7(2). https://doi.org/10.51383/ijonmes.2023.330
Diyen, N., Thamwipat, K., & Princhankol, P. (2021). The Development of an Interactive Learning Resource Along with Contents on a Social Network to Promote Bangchan Subdistrict of Petchaburi Province Through the Way of Buddhism. International Education Studies, 14(6), 1. https://doi.org/10.5539/ies.v14n6p1
Gularso, D., Purwoko, R. Y., Sujatmiko, Purwaningsih, W. I., & Ingtias, F. A. N. (2023). Developing a Local Genius Based Pocket Book for Character Strengthening Elementary School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 304–313. https://doi.org/10.47750/pegegog.1
Ibda, H., Wijanarko, A. G., Azizah, F. N., Amnillah, M., & Ro’uf, A. (2024). Islamic moderation in elementary school: strengthening the Aswaja Annadhliyah curriculum in preventing religious radicalism. Journal of Education and Learning, 18(4), 1246–1253. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21821
Kongpha, R., & Chatwattana, P. (2023). The Virtual Interactive Learning Model using Imagineering Process via Metaverse. Higher Education Studies, 13(1), 35. https://doi.org/10.5539/hes.v13n1p35
Kurnanto, M. E., Sumin, S., Zuchdi, D., & Asmawi, S. (2023). Building Religious Character through Suluk on Multiethnic Students of Thariqah Al-Mu’min Community in West Kalimantan. Dinamika Ilmu: Journal of Education, 23(1), 135–156. https://eric.ed.gov/?id=EJ1392694
Makarova, E. (2024). EFL Peer Learning in Higher Education. 10(1), 27–37.
Maulana, M., Rahman, A. A., & Aminah, M. (2022). MURRDERR Strategy: Developing Creative Characters of Elementary School Prospective Teachers. International Journal of Instruction, 15(1), 547–564. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15131a
Montoya, D., Vargas, J. E. H., Giraldo, J. S., & Hincapié, N. C. (2020). Developing a pedagogical method to design interactive learning objects for teaching data mining. Journal of Educators Online, 17(1).
Omar, S. F., Nawi, H. S. A., Shahdan, T. S. T., Mee, R. W. M., Pek, L. S., & Yob, F. S. C. (2020). Interactive language learning activities for learners’ communicative ability. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1010–1016. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20605
PUTRİ, P., & SOFYAN, H. (2020). A Sımulatıon-Based Interactive Learning Multimedia Development for Photosynthesıs and Respıratıon Practicum in Junior High Schools. Journal of Educational Technology and Online Learning, 3(3), 311–339. https://doi.org/10.31681/jetol.775947
Rais, A., Wiyono, B. B., Bafadal, I., & Utaya, S. (2022). Humanistic Education Management Based on the Principle of “Kesangtimuran”: Strategies in Character Education Strengthening in Catholic Elementary School in Indonesia. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 280–287. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.29
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68
Smadi, O. Y. (2022). The Satisfaction Level of Students with Disabilities with Library and Information Services. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 436–457. https://doi.org/10.46328/ijemst.2352
Sonderegger, S. (2022). How Generative Language Models Can Enhance Interactive Learning With Social Robots. Proceedings of the 19th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in the Digital Age, CELDA 2022, Celda, 89–96. https://doi.org/10.33965/celda2022_202207l012
Susilo, M. J., Dewantoro, M. H., & Yuningsih, Y. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 180–188. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20411
Tachie, S. A., & Kariyana, I. (2022). Time Divested or Time Invested? Freshmen’s Perspectives and Reflective Experiences on Interactive School Learning. Research in Social Sciences and Technology, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.46303/ressat.2022.2
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Susana Labuem, Corneli Gaite

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.