Pelatihan Internet of Things (IoT) untuk Peningkatan Kompetensi Praktik Siswa SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara

Authors

  • Imron Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Eny Maria Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Bagus Satria Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Asep Nurhuda Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Eko Junirianto Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Suci Ramadhani Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Ida Maratul Khamidah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Annafi Franz Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Yulianto Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Husmul Beze Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Suswanto Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Budi Ramadhani Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Reza Andrea Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Syafei Karim Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.472

Keywords:

Internet of Things, Teknologi Digital, Pendidikan Vokasi, Kolaborasi Digital

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK Bhakti Loa Janan dalam memahami dan menerapkan teknologi Internet of Things (IoT) sebagai kesiapan menghadapi era industri digital. Kegiatan diikuti oleh 30 siswa dengan tahapan meliputi koordinasi awal, persiapan perangkat dan modul pelatihan, penyampaian teori, praktik langsung (hands-on training), evaluasi, dan pendampingan. Materi mencakup pengenalan konsep dasar IoT, pemrograman mikrokontroler Arduino dan ESP32, serta penerapan sensor DHT11 untuk sistem pemantauan suhu dan kelembaban berbasis platform ThingSpeak. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan siswa dalam merancang serta mengoperasikan sistem IoT secara mandiri. Peserta mampu mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak, serta memahami alur komunikasi data dengan baik. Selain itu, guru pendamping memperoleh wawasan baru untuk mengembangkan materi pembelajaran berbasis IoT di sekolah. Secara keseluruhan, kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan literasi teknologi siswa serta memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah kejuruan dalam membangun ekosistem pendidikan vokasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imron, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Eny Maria, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Bagus Satria, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Asep Nurhuda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Eko Junirianto, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Suci Ramadhani, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Ida Maratul Khamidah, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Annafi Franz, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Yulianto, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Husmul Beze, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Reza Andrea, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Syafei Karim, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashton, K. (2009). That ‘Internet of Things’ thing. RFID Journal. https://www.rfidjournal.com/expert-views/that-internet-of-things-thing/73881/. diakses pada 27 Agustus 2025.

Atzori, L., Iera, A., & Morabito, G. (2010). The Internet of Things: A survey. Computer Networks, 54(15), 2787–2805. https://doi.org/10.1016/j.comnet.2010.05.010 DOI: https://doi.org/10.1016/j.comnet.2010.05.010

Aziz, R., & Rahmad, F. (2021). Pelatihan dasar Internet of Things bagi siswa SMK dalam menghadapi era industri 4.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi, 4(1), 33–40.

Imron, Bagus Satria, & Br Barus, M. D. (2023). Implementation of angklung beat density with arduino and piezoelectric sensor using Kalman filter applied for reduce noise sensor. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 3(2), 346–355. https://doi.org/10.53695/injects.v3i2.854 DOI: https://doi.org/10.53695/injects.v3i2.854

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, H., & Santoso, A. (2022). Peningkatan kompetensi siswa SMK melalui pembelajaran berbasis proyek Internet of Things. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 215–224.

Maria, E., Prasetyo, R., & Fadilah, S. (2023). Pengembangan media belajar IoT berbasis sensor untuk monitoring lingkungan sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45–52.

Pratama, Y., & Lestari, S. (2023). Strategi penguatan literasi digital dan teknologi pada siswa SMK di era transformasi digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi, 5(1), 101–110.

Sari, N. P., & Wibowo, D. (2020). Kolaborasi perguruan tinggi dan sekolah kejuruan dalam peningkatan kompetensi teknologi informasi siswa. Jurnal Pengabdian Vokasi, 6(2), 58–65.

Suharto, B., Nugroho, D., & Setiawan, R. (2022). Kesiapan sumber daya manusia di era digitalisasi industri. Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 11–20.

Published

01-12-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Imron, I., Maria, E., Satria, B., Nurhuda, A., Junirianto, E., Ramadhani, S., … Karim, S. (2025). Pelatihan Internet of Things (IoT) untuk Peningkatan Kompetensi Praktik Siswa SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 195–200. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v3i2.472

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.